CONTEXT CLUES MASTERY IN STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT AT 8 GRADE STUDENTS OF 10 JUNIOR HIGH SCHOOL DEPOK
(1) SMPN 10 DEPOK
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan context clues terhadap pemahaman membaca teks deskripsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris pada semester tiga di 8 grade of SMPN 10 Depok. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat jenis context clues yang mana yang lebih mudah di pahami mahasiswa dalam mengidentifikasi kata baru. Penelitian ini adalah penelitian experimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester tiga pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris 8 grade of SMPN 10 Depok tahun akademik 2012-2013. Sampel dari penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling yang terdiri dari tiga kelas paralel dan homogeny yaitu kelas A, B, dan C. Sampel dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas experimen yang diajarkan dengan context clues sedangkan kelas B sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan kamus. Tes pilihan berganda digunakan untuk mengukur pemahaman membaca siswa untuk memperoleh data dengan pretest dan posttest. Untuk melihat keefektifan dari context clues, data di analisis dengan menggunakan ttest. Dari analisis data, ditemukan bahwa mahasiswa yang diajar dengan context clues lebih baik pemahaman membaca daripada menggunakan kamus. Untuk memahami kata sulit, mahasiswa lebih mudah dalam penentuan example clues. Dengan kata lain, mengajar reading dengan menggunakan context clues memiliki pengaruh yang siknifikan jika dibandingkan dengan yang menggunakan kamus. Kesimpulannya, hasil nilai membaca mahasiswa dari kelas eksperimen dan control berbeda.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/scope.v3i2.4114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Scope : Journal of English Language Teaching
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License