Kemampuan Penalaran Adaptif Melalui Model Reciprocal Teaching pada Logika Matematika dan Himpunan
(1) IKIP PGRI PONTIANAK
(2) IKIP PGRI PONTIANAK
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
D. E. Novianti. “Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Materi Logika Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro”. Jurnal Pendidik. dan Pembelajaran Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2015.
M. Mutia. “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Negasi Pernyataan Majemuk pada Logika Matematika”. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 35-44, 2017.
M. Bernard. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0”. Infinity, vol. 4, no. 2, pp. 197-222, 2015.
D. Nopitasari. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa”. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 103–112, 2016.
G. Harel. “Deductive Reasoning in Mathematics Education”. Encyclopedia of Mathematics Education, pp. 143–147, 2014.
D. A. Reid. “Abductive Reasoning in Mathematics Education: Approaches to and Theorisations of a Complex Idea”. Eurasia Journal Mathematics, Science, and Technology Education, vol. 14, no. 9, pp. 1-13, 2018.
A. O. A. Awofala. “Assessing Senior Secondary School Students’ Mathematical Proficiency as Related to Gender and Performance in Mathematics in Nigeria”. International Journal of Research in Education and Science, vol. 3, no. 2, pp. 488–502, 2017.
D. B. Widjajanti. “Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, pp. 151–158, 2011.
T. Indriani, A. Hartoyo, dan D. Astuti. “Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Kelas VIII SMP Pontianak”. Jurnal Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 2, pp. 1–12, 2017.
Suparni. “Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Kaitannya dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa”. Logaritma, vol. 4, no. 1, pp. 110–124, 2016.
D. E. Prisiani, R. Wahab, dan A. D. Putri. “Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, vol. 2, no. 2, pp. 214–228, 2016.
Muslimin, Indaryanti, dan E. Susanti. “Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa di Kelas VIII SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 1, pp. 1-14, 2017.
A. Muin, S. H. Hanifah, and F. Diwidian. “The Effect of Creative Problem Solving on Students’ Mathematical Adaptive Reasoning”. Journal of Physics: Conference Series, vol. 948, pp. 1-6, 2018.
Magfirah, A. M. I. T. Asfar, A. M. I. A. Asfar, A. Fauziah, dan Sumiati. “Penerapan Model Pembelajaran PGSD (Problem Guided Solving Discovery) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 381–385, 2019.
M. Arifudin, H. Wilujeng, dan R. B. Utomo. “Pengaruh Metode Discovery Learning pada Materi Trigonometri terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMA”. KALAMATIKA, vol. 1, no. 2, pp. 129-140, 2016.
T. Andira, B. Santoso, dan M. Yusup. “Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik pada materi Bangun Datar Segiempat”. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 13, no. 1, pp. 88–98, 2018.
M. Firdaus, Y. Darma, dan R. Haryadi. “Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Mahasiswa Calon Guru Melalui Model Reciprocal Teaching”. Edukasi Matematika dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2014.
Noorliani dan E. Kusumawati. “Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP”. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 34–41, 2013.
R. Awaliah dan R. Idris. “Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa”. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 59–72, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i2.7276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dwi Oktaviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis