Efektivitas Stategi Pembelajaran “Semantic Mapping” Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Mahasiswa

Fitri Senny Hapsari(1*), Natalia Tri Astuti(2), Nurul Frijuniarsi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kosakata memainkan peran penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Mahasiswa membutuhkan banyak kosakata untuk menyampaikan dan mengekspresikan ide mereka atau untuk memahami teks bacaan. Para siswa yang memiliki penguasaan kosakata yang rendah akan menemukan kesulitan untuk memahami bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Teknik yang menarik dan yang dapat memotivasi diperlukan dalam mengajar kosa kata untuk merangsang mahasiswa agar menjadi lebih aktif. Semantic mapping adalah strategi pembelajaran visual untuk perluasan kosakata dan pengetahuan dengan menyajikan kategori kata-kata yang terkait satu sama lain. Stategi ini dapat membantu siswa menemukan hubungan antara kata-kata yang telah mereka ketahui, dan merekapun dapat belajar kata-kata baru juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi semantic mapping dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata  mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus yang mencakup tindakan prosedur penelitian seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya secara eksplisit menunjukkan bahwa strategi semantic mapping mampu meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa karena hasilnya menunjukkan nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari 60 menjadi 73 pada siklus pertama dan 78 pada siklus kedua.


Keywords


Strategi Pembelajaran; Semantic Mapping; Penguasaan Kosakata Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. Essex, England: Pearson Education Limited, 2007.

Brown, H.D. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (3 rd edn.). New York: Longman, 2007.

McKEOWN, M. G., L. Bringing words to life: Robust vocabulary instruction. New York, New York: Guilford, 2002.

Huyen. Learning Vocabulary through Games: The Effectiveness of Learning Vocabulary through Games. Asian EFL Journal. Retrieved 22nd October, 2008 from http:/www.asian-efl-journal.com, 2003.

Huynf, Uyen, Linda Lizaragga dan Brenda Wilkerson. How do Semantic Maps Build Vocabulary. December ,2002.

I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardit; Noehi Nasution, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta : Universitas Terbuka, 2006), hal.1.4

Suhardjono, Supardi. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Adhi, 2011.

Musfina Rahma, Muhammad Sukirlan, and Sudirman Sudirman. “Teaching Vocabulary through Semantic Mapping Technique at The Second Year of Smp”. U-JET Unila joural of english teaching , vol 4, no. 9, pp, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitri Senny Hapsari, Natalia Tri Astuti, Nurul Frijuniarsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter