Perancangan Simulasi Metode Caesar Cipher Menggunakan Microsoft Excel – Alternatif Media Pembelajaran Kriptografi

Endaryono Endaryono(1*)

(1) Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam perkuliahan kriptografi, mahasiswa perlu mendapat ilustrasi dalam bentuk simulasi. Diperlukan media pembelajaran yang dapat menjelaskan secara visual proses kerja enkripsi dan dekripsi termasuk pada metode caesar cipher. Metode caesar cipher adalah satu dari beberapa algoritma dalam proses kriptografi. Meski algoritma ini dinilai banyak kelemahan karena mudah ditebak tetapi algoritma ini merupakan dasar dari proses kriptografi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan, yaitu membuat perancangan aplikasi microsoft excel (MS. Excel) untuk simulasi proses enkripsi dan dekripsi menggunakan metode caesar cipher. Aplikasi microsoft excel ini dipilih karena mudah dalam pengoperasiannya dan luas penggunaannya. Hasil dari penelitian ini adalah program aplikasi microsoft excel untuk simulasi kerja metode caesar cipher. Penelitian menunjukkan bahwa perancangan simulasi yang dibuat dapat berfungsi dan berjalan dalam pelaksanaan enkripsi dekripsi. Dalam simulasi dapat ditunjukkan bagaimana proses kerja enkripsi dan dekripsi yang menyangkut pengubahan isi pesan. Hasil penelitian diharapkan menjadi alternatif media pembelajaran kriptografi yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya bagi para dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran kriptografi

Keywords


MS Excel; enkripsi; dekripsi; kristografi; caesar cipher

Full Text:

PDF

References


T. Tafonao. “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. J. Komun. Pendidik. STT Kadesi Yogyakarta, vol. 2, no. 2, pp. 103–113, 2018.

I. R. Karo-Karo. “Manfaat Media dalam Pembelajaran”. J. AXIOM, vol. VII, no. 1, pp. 91–96, 2018.

P. N. Arifah dan W. Agustiar Basuki. “Implementasi Kriptografi Caesar Cipher Menggunakan Matlab R2013a”. Proseeding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, pp. 297–304, 2017.

N. Azis. “Perancangan Aplikasi Enkripsi Deskripsi Menggunakan Metode Caesar Chiper dan Operasi XOR”. J. Univ. Krsnadwipayana, vol. 2, no. 1, pp. 72–80, 2018.

A. W. Sudrajat. “Implementasi Enkripsi Database Menggunakan Transparent Data Encryption pada Database Engine Oracle”. J. Ilm. STMIK GI MDP, vol. 2, no. 3, 2006.

M. Nasir. “Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi untuk Enkripsi dan Dekripsi Data Office Menggunakan Metode Blowfish dengan Bahasa Pemrograman Java”. J. Format Univ. Mercubuana, vol. 6, no. 1, pp. 87–105, 2017.

R. Primartha. “Penerapan Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Algoritma Data Encryption Standard (DES)”. J. Sist. Inf. Univ. Sriwij., vol. 3, no. 2, pp. 371–387, 2011.

D. B. Ginting. “Peranan Aritmatika Modulo dan Bilangan prima pada Algoritma Kriptografi RSA”. J. Media Inform. Sekol. Tinggi Manaj. Inform. dan Komput. LIKMI, vol. 9, no. 2, pp. 48–57, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Endaryono Endaryono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter