Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Calon Guru Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar

Maimunah Maimunah(1*), Finata Rastic Andrari(2), Nurmala Dewi Qadarsih(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Upaya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi sejalan dengan tujuan Kemendikbud dalam penyempurnaan kurikulum yang tertuang dalam kurikulum 2013. Pada pelaksanaannya mengharuskan guru untuk mengetahui sejauh mana hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Penilaian keberhasilan dalam pembelajaran tersebut dapat dilihat dari kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Evaluasi juga harus dilakukan pada gaya belajar siswa yang beragam. Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menyiapkan lingkungan belajar yang mendukung  dan memudahkan siswa menyerap informasi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tinggi mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak  6 orang mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI semester V yang terdiri dari subjek bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik yang masing-masing diwakili  oleh 2 orang. Teknik analiis data yang digunakan adalah reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan penyusunan hipotesis kerja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek bergaya belajar visual mampu memenuhi kemampuanmenganalisis 100%, aspek mengevaluasi 87,5% dan aspek mengkreasi 37,5%. Subjek bergaya belajar auditori mampu memenuhi aspek menganalisis 87,5%, aspek mengevaluasi 87,5% dan aspek mengkreasi 25%. Subjek bergaya belajar kinestetik mampu memenuhi aspek menganalisis 100%, aspek mengevaluasi 12,5% dan pada aspek mengkreasi 25%

Keywords


HOTS; calon guru; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


OECD, “PISA 2012 Results in Focus : What 15-year-olds know and what they can do with what they know,” 2012.

Mendikbud, Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu, 2013.

I. Widana, Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Departemen Penddikan dan Kebudayaan, 2017.

S. Sofiyah, Susanto, and Setiawan, “Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD,” J. Artik. Ilm. Mhs., vol. I (1), pp. 1–7, 2015.

K. Purbaningrum, “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Pendidik. Mat., vol. 10 (2), 2017.

N. Subini, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: PT. Buku Kita, 2011.

F. Widayanti, “Pengaruh Pengelompokkan Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dan Multiple Intelligences pada Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Lumajang,” Universitas Negeri Malang, 2010.

D. Bobbi, R. Mark, and S.-N. Sarah, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas, 19th ed. Bandung: Kaifa, 2014.

A. Kurniawan, Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

A. Gunawan, Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.

L. Anderson and D. Krathwohl, Kerangka Pembelajaran, Pengajaran dan Assesemen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

L. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

B. DePorter, M. Readon, and S. S. Nourie, Quantum Learning: Membiasakan Belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa, 2015.

U. Wardiana, Psikologi Umum. Editor P3M STAIN Tulungagung. Tulungagung: PT. Bina Ilmu, 2004.

T. Tub’c and K. Hamilo glu, Linking Learning Style and Teaching Styles. Serbia: Faculty of Education, Unversity of Novi Sad, 2009.

F. Widayanti, “Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas,” J. Erud., vol. 2 (1), 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maimunah Maimunah, Finata Rastic Andrari, Nurmala Dew Qadarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter