Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa

Nourma Pramestie Wulandari(1*), Anis Suraida Safitri(2), Ratih Ayu Apsari(3), Junaidi Junaidi(4), Ulfa Lu’luilmaknun(5)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram
(2) MA Al Mahrusiyah
(3) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram
(4) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram
(5) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mataram
(*) Corresponding Author

Abstract


Number sense merupakan suatu rasa intuitif seseorang untuk dapat menaksir bilangan, mampu mendeteksi kesalahan dalam suatu perhitungan, dan teliti dalam menghitung. Number sense yang baik diperlukan sebagai faktor penunjang aktivitas sehari-hari. Number sense tidak hanya dalam mengenal tetapi juga terampil dalam berhitung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa belum peka terhadap keteraturan bilangan beserta operasinya, sehingga komponen number sense  tentang pemahaman dan keterampilan mengenai bilangan juga kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan untuk meningkatkan kemampuan number sense yang valid. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini ditujukan kepada siswa SMP Kelas VII. Pengembangan LKS ini dilakukan berdasarkan pada model Plomp (preliminary research, prototyping phase, and assessment phase). Kualitas produk yang dikembangkan mengacu pada bukti validitas isi. Validator terdiri dari 2 dosen Pendidikan Matematika. Bukti validitas LKS menunjukkan skor sebesar 3,395 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi. Namun untuk lebih menyempurnakan produk, revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dan komentar validator. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan.


Keywords


Bilangan; Kepekaan Bilangan;Lembar Kegiatan Siswa; Number Sense.

Full Text:

PDF

References


H. D. Putra, T. Herman, and U. Sumarmo, “Development of Student Worksheets to Improve the Ability of Mathematical Problem Posing,” Int. J. Emerg. Math. Educ., vol. 1, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.12928/ijeme.v1i1.5507.

I. Kusmaryono, “keefektifan Pembelajaran Kontekstual Berorientasi Penemuan Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar,” Maj. Ilm. Sultan Agung, vol. 49, no. 123, pp. 1–18, 2011.

C. Sa’dijah, “Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual Yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Univ. Negeri Malang, vol. 20, no. 2, pp. 222–227, 2013.

A. Yapici and M. Kayhan Altay, “An Investigation of Middle School Students’ Number Sense Regarding The Percent,” Abant ?zzet Baysal Üniversitesi E?itim Fakültesi Derg., vol. 17, no. 4, pp. 2221–2243, 2017.

S. Hadi, “Number sense : berpikir fleksibel dan intiusi tentang bilangan,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2015.

R. Akkaya, “An Investigation into the Number Sense Performance of Secondary School Students in Turkey,” J. Educ. Train. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 113–123, 2015, doi: 10.11114/jets.v4i2.1145.

A. McIntosh, B. J. Reys, and R. E. Reys, “A Proposed Framework for Examining Basic Number Sense. For the learning of mathematics,” Learn. Math., vol. 12, no. 3, pp. 2–8, 1992.

D.-C. Yang and W.-R. Wu, “The study of number sense: Realistic activities integrated into third-grade math classes in Taiwan,” J. Educ. Res., vol. 103, no. 6, pp. 379–392, 2010, doi: 10.1080/00220670903383010.

Y. W. Purnomo, Kowiyah, F. Alyani, and S. S. Assiti, “Assessing number sense performance of Indonesian elementary school students,” Int. Educ. Stud., vol. 7, no. 8, pp. 74–84, 2014, doi: 10.5539/ies.v7n8p74.

R. Anggraini, A. Hartoyo, and Hamdani, “Kemampuan Number Sense Siswa Smp Negeri 5 Pontianak Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pecahan,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 12, pp. 1–12, 2015.

A. S. Safitri, S. Mulyati, and T. D. Chandra, “Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII pada Materi Bilangan,” in Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 2017, vol. 1, no. 1, pp. 270–277.

Sumaji, “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015, 2015, pp. 966–974.

M. Khairani, “Efektivitas Modul Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Bilangan Pecahan,” J. RESIDU, vol. 3, no. 24, pp. 69–77, 2019.

I. Suryani, Y. Mardiati, and Y. Herlanti, “Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem gerak Manusia,” EDUSAINS, vol. 8, no. 2, pp. 150–156, 2016, doi: /10.15408/es.v8i2.1823.

S. Yulianti, “Pengaruh Penerapan Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika,” Histogram J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 62–70, 2019, doi: 10.31100/histogram.v3i1.342.

A. Prastowo, Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

T. Widyantini, “Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar,” 2013.

M. Wina, Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

P. C. Agustine, F. Apriani, and I. Juniati, “Perancangan prototype LKS materi operasi hitung bilangan bulat untuk peserta didik Sekolah Dasar,” J. Inov. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 132–143, 2019, doi: 10.35438/inomatika.v1i2.150.

S. Yulia, Buyung, and Relawati, “Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning pada materi bilangan di kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi,” PHI J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2018.

E. Purnamasari, Syaifudin, and Muslimin, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa Dengan Pendekatan Open-Ended Materi Bilangan Pecahan,” UNION J. Pendidik. Mat., vol. 07, no. 01, pp. 23–36, 2019.

T. Plomp and N. Nieveen, An introduction to educational design research. Enschede: Axis Media-ontwerpers, 2010.

N. Nieveen, “Prototyping to Reach Product Quality,” Des. Approaches Tools Educ. Training, Springer, pp. 125–135, 1999.

Hobri, Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nourma Pramestie Wulandari, Anis Suraida Safitri, Ratih Ayu Apsari, Junaidi Junaidi, Ulfa Lu’luilmaknun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter