Efektivitas E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Tri Wardati Khusniyah(1*)

(1) Program Studi PGSD, STKIP Modern Ngawi
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran di Prodi PGSD STKIP Modern Ngawi dilaksanakan untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa dalam pemahaman materi perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan keefektifan media e-learning dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPS yang ditunjukkan melalui hasil belajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2020 dengan melibatkan 50 mahasiswa PGSD STKIP Modern Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif untuk melihat signifikansi dan keefektifan, yaitu Paired Sample t Test dan Gain Score. Media e-learning STKIP Modern Ngawi terbukti signifikan dan efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPS dengan nilai gain sebesar 0,712

Keywords


Keefektifan; Media E-Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


D. Zhang, L. Zhou, R. O. Briggs, and J. F. Nunamaker. “Instructional Video in E-learning: Assessing the Impact of Interactive Video on Learning Effectiveness”. Information & Management, vol. 43, no. 1, pp. 15–27, 2006.

D. Ariani. “Komponen Pengembangan E-Learning”. JPI LIVes, vol. 1, no. 1, pp. 58–64, 2018.

J. L. Moore, C. Dickson-Deane, and K. Galyen. “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?”. The Internet and Higher Education, vol. 14, no. 2, pp. 129–135, 2011.

R. Roberts. “Video Conferencing in Distance Learning: a New Zealand Schools’ Perspective”. Journal of Distance Learning, vol. 13, no. 1, pp. 91–107, 2009.

P. Setyosari. “Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas”. Jinotep, vol. 1, no. 1, pp. 20–30, 2017.

M. A. Kurniawan, A. Miftahillah, dan N. M. Nasihah. “Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”. lp, vol. 21, no. 1, pp. 1–11, 2018.

R. R. Antika. “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk)”. BioKultur, vol. 3, no. 1, pp. 251–263, 2014.

D. Firmansyah. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematik”. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, vol. 3, no. 1, pp. 34–44, 2015.

W. - dan L. Widayanti. “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013”. J. Fis. Indones., vol. 17, no. 49, pp. 32–35, 2014.

A. R. Pranjono. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten”. Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika, vol. 4, no. 4, pp. 307–313, 2015.

M. Meliyani, S. Supriyanto, dan M. Rahmattullah. “Pengaruh Pemanfaatan Simari sebagai Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi”. JPIS, vol. 29, no. 1, pp. 1–8, 2019.

R. Widiyasari dan J. K. A. Dahlan. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Mind Map Berbantuan E-Learning”. Jurnal Teknodik, vol. 21, no. 1, pp. 27–43, 2017.

M. Annisa. “Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa PGSD Melalui Pembelajaran Berbantuan Internet”. Jurnal Lentera Sains (Lensa), vol. 6, no. 2, pp. 61–67, 2016.

H. Istikhomah, I. A.S, dan D. T. P.S, “Persepsi Mahasiswa tentang Media Pembelajaran E-Learning Students Perception E-Learning in Obstetrics Departement”. Jurnal Ilmu Kebidanan, vol. 2, no. 2, pp. 107–114, 2014.

C. indah Nartani, K. Wardani, dan B. ebi Praheto. “Strategi Peningkatan Penerapan Metode Pembelajaran E-learning pada Program Studi PGSD FKIP UST”. Varidika, vol. 30, no. 1, pp. 12–20, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tri Wardati Khusniyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter