Pengembangan Media Kartu Kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Sulistia Ellsa(1*), Laili Etika Rahmawati(2)

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan pembelajaran BIPA belum ditunjang dengan media pembelajaran yang memadai. Minimnya media pembelajaran BIPA mempengaruhi motivasi belajar dan capaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan proses pengembangan Kartu Kata sebagai media pembelajaran yang akan diterapkan pada mahasiswa BIPA tingkat A1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Sukmadinata, metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode pencatatan dokumen dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa BIPA Tingkat A1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran Kartu Kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain pengembangan media Kartu Kata sudah sesuai dengan prinsip penyusunan media visual dan sesuai dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) atau bahan ajar BIPA Tingkat A1

Keywords


Pengembangan Media; Media Pembelajaran; BIPA; Kartu Kata

Full Text:

PDF

References


A. K. Sutrisno. “Analisis Asesmen Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran BIPA Program CLS 2013”. NOSI, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2014.

Y. Purwiyanti, S. Suwandi, dan Andayani. “Pengembangan Kompetensi Percakapan Pemelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing dengan Strategi Simulasi Percakapan (Permainan Peran dan Sosio-Deama)”. in The 1st Education and Language International Conference Proceedings, pp. 922–928, 2017.

N. M. C. P. Lestari, I. M. Sutama, dan I. D. G. B. Utama. “Pengembangan Media Pembelajaran Visual bagi Pebelajar BIPA Pemula di Undiksha”. J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 86–95, 2018.

L. E. Rahmawati dan D. M. Gajewski. “Urgensi Penilaian dalam Pembelajaran BIPA”. Prosiding Seminar Nasional KBSP V, pp. 153–156, 2018.

M. Isnaini. “Pengajaran BIPA dengan Media Gambar-Tulis Narasi”. Seminar Kepakaran BIPA 1, 2016, pp. 223–236, 2016.

I. Falahudin. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. J. Lingk. Widyaiswara, vol. 1, no. 4, pp. 104–117, 2014.

M. Fadhli. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar”. J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2015.

Mawardi. “Merancang Model dan Media Pembelajaran”. Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 8, no. 1, pp. 26–40, 2018.

R. Agustina, Andayani, dan N. E. Wardani. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta”. J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 2, pp. 140–154, 2013.

R. Ramliyana. “Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta )”. J. SAP, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2016.

P. V. Asteria dan D. N. Farida. “E-Mikuta (Komik Saku Kosakata Elektronik): Media Pembelajaran BIPA Berbasis Teknologi”. Kongres Bahasa Indonesia, pp. 1–14, 2009.

M. Pendidikan, D. Kebudayaan, dan R. Indonesia. Peraturan Metreri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017. 2017.

Alexon dan N. S. Sukmadinata. “Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa terhadap Budaya Lokal”. Cakrawala Pendidik., vol. 29, no. 2, pp. 189–203, 2010.

F. Arvianto. “Media Pembelajaran dalam Pengajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)”. Seminar Nasional Pendidikan, pp. 293–298, 2017.

N. Setyaningsih, R. A. Nugroho, dan V. W. Suryaningtyas. “Pengembangan Materi BIPA Berbasis Multimedia dan Berkonten Budaya Lokal”. Culture, vol. 3, no. 1, pp. 42–63, 2016.

C. Nuraini. “Pengaruh Keterkaitan Konten dengan Gambar yang Sesuai dengan Makna yang Terungkap pada Pembelajaran BIPA”. J. Sasindo Unpam, vol. 6, no. 1, pp. 67–75, 2018.

N. Meifiani dan T. D. Prastyo. “Pengembangan Media Pembelajaran Peluang Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan”. J. Beta, vol. 8, no. 2, pp. 153–162, 2015.

N. Novianti dan I. Nurlaelawati. Sahabatku Indonesia Tingkat A1, 1st ed. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sulistia Ellsa, Laili Etika Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter