Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make a Match

Sarilila Utama(1*)

(1) SMPN 10 DEPOK
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks berbentuk procedure dengan model pembelajaran  Make a match  di kelas VIII SMPN 10 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A pada semester 1. Objek penelitian adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan proses penilaian dalam pembelajaran menulis teks prosedur dengan model pembelajaran make a match . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran make a match  yang telah direncanakan oleh guru telah memenuhi standar pelaksanaan yang ditentukan. Keberhasilan perencanaan pembelajaran dapat diperhatikan dari terpenuhinya keseluruhan sintak atau prosedur standar penyusunan langkah persiapan/perencanaan pembelajaran dengan model pembelajaran make a match . (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa, guru dapat dikategorikan berhasil menerapkan model tersebut untuk menulis teks  berbentuk procedure. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan model make a match  learning dapat diperhatikan dengan membandingkan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru sebagaimana kegiatan pembelajaran dengan sintak pembelajaran. (3) Guru telah mampu menerapkan proses penilaian model pembelajaran make a match dalam menulis teks berbentuk procedure secara baik dan sesuai dengan sintak yang sudah ditetapkan dan mampu memenuhi kriteria penilaian yang dicantumkan di dalam RPP yang disusun sebelumnya.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i1.4113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sari Nila Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter