Fenomena Pembelajaran Musik Online: Antara Tren dan Tantangan
(1) Chulalongkorn University
(2) Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(3) Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
D. W. Suci, “Manfaat Seni Musik dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 177–184, 2019, doi: 10.31004/edukatif.v1i3.45.
I. Ruddin, H. Santoso dan R. E. Indrajit, “Digitalisasi Musik Industri: Bagaimana Teknologi Informasi Mempengaruhi Industri Musik di Indonesia,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 2, no. 01, pp. 124–136, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i01.1395.
I. Bahaudin, A. Juwariyah dan S. Yanuartuti, “Negosiasi Performativitas Pedagogis Pembelajaran Musik Generasi Z,” Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, vol. 4, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.26740/vt.v4n1.p1-10.
H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.
A. Latif, “Tantangan Guru dan Masalah Sosial di Era Digital,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 4, no. 3, 2020, doi: 10.58258/jisip.v4i3.1294.
C. Johnson, “Teaching Music Online : Changing Pedagogical Approach When Moving to The Online Environment,” London Review of Education, vol. 15, no. 3, 2017.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022, doi: 10.34306/mentari.v1i1.137.
A. Sholikhah, “Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif,” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, pp. 342–362, 2016, doi: 10.24090/komunika.v10i2.953.
M. R. Fadli, “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
B. Subianto dan Z. H. Ramadan, “Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1683–1689, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/900
R. M. Simamora, D. De Fretes, E. D. Purba and D. Pasaribu, “Practices, Challenges, and Prospects of Online Learning during Covid-19 Pandemic in Higher Education: Lecturer Perspectives,” Studies in Learning and Teaching, vol. 1, no. 3, pp. 185–208, 2020, doi: 10.46627/silet.v1i3.45.
Y. Wicaksono, A. Z. Fitri, and Abd. Aziz, “Online Learning: Strategies to Improve Critical Thinking Skills on PAI Learning In School,” Journal of Contemporary Islamic Education, vol. 2, no. 1, pp. 48–62, 2022, doi: 10.25217/jcie.v2i1.2122.
B. Nuryadi, et al., “Pemanfaatan Teknologi Cloud Computing,” Jurnal PROSISKO Vol., vol. 1, no. September, pp. 4–9, 2014, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/82/142
H. Hikmah, W. Nugroho dan U. Azmi, “Improving Aliyah Students’ Speaking Skills by Using Podcast,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 6, pp. 5057–5065, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1626.
A. Prayoga T.S dan F. Rusdi, “Analisis Minat Pelanggan Konten Musik Video pada Channel Youtube Eclat Story,” Prologia, vol. 2, no. 2, p. 243, 2019, doi: 10.24912/pr.v2i2.3583.
S. Ferguson dan M. M. Wanderley, “The McGill Digital Orchestra: an Interdisciplinary Project on Digital Musical Instruments.,” Journal of Interdisciplinary Music Studies, vol. 4, no. 2, pp. 17–35, 2010, doi: 10.4407/jims.2010.11.002.
Setyorini, “Pandemi Covid-19 dan Online Learning : Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran pada Kurukulum 13?,” Jiemar: Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 01, no. Juni, pp. 95–102, 2020, [Online]. Available: https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/31/19
P. Z. Huzaimah dan R. Amelia, “Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 533–541, 2021, [Online]. Available: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537/277
R. Endarwati, “Implementasi Pembelajaran Virtual dalam Melatih Kreativitas Anak pada Masa Pandemi di Kelompok Piaud Birrul Walidain Magetan,” Paradigma, vol. 14, no. 1, pp. 211–229, 2022.
D. Nugrahani, “Pembelajaran Daring pada Pelatihan English for Academic Purpose Universitas PGRI Semarang di Masa Pandemi Covid-19,” At-Ta’lim, vol. 19, no. 2, pp. 351–373, 2020, [Online]. Available: https://core.ac.uk/reader/327097000
E. Suryani dan A. Mujib, “Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam,” Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 239–249, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/5534/1962
P. M. Sari dan H. N. Yarza, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi,” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 4, no. 2, pp. 195–199, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v4i2.4112.
N. A. Abdullah and M. S. Amran, “Perspektif Guru terhadap Muriddalam Pengajaran dan Pembelajaran secara Atas Talian Semasa Pandemik Covid-19 di Malaysia,” International Journal of Advanced Re, vol. 1, no. 4, pp. 32–39, 2021, [Online]. Available: https://myedujournal.com/index.php/arise/article/view/68/69
S. H. Sa’diyah, “On Off Kamera dan Implikasinya pada Perkuliahan Daring,” Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), vol. 2, no. 9, pp. 1593–1603, 2021, [Online]. Available: https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/286/974
N. M. Hutabarat, “Penggunaan Aplikasi Edit Video dalam Materi Seni Musik pada Pembelajaran Secara Daring,” Quaerite Veritatem: Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 81–90, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.yayasanseriamal.id/index.php/QVJ/article/view/14/20
A. S. Hadi, “Best Practice Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas X di SMAN 1 Candiroto,” SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, vol. 1, no. 4, pp. 343–352, 2021, [Online]. Available: https://jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/643/659
T. I. Faizah dan A. Fatayan, “Pengaruh Media Youtube pada Pelajaran Pendidikan Lingkungan & Budaya Jakarta (PLBJ) Materi Alat Musik Gambang Kromong kepada Minat Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5475–5482, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2992.
B. P. Arzfi, D. Desyandri, and F. Mayar, “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Diatonis untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa PGSD,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7418–7425, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3537
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v8i3.20822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Akbar Bagaskara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis