Pemahaman Peserta Didik saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
(1) Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah
(2) Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
(3) Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
A. Alchamdani, F. Fatmasari, E. Rahmadani Anugrah, N. Putri Sari, F. Putri, dan A. Astina, “The Impact of Covid19 Pandemic on Online Learning Process in the College at Southeast Sulawesi,” J. Kesehat. Lingkung., vol. 12, no. 1si, p. 129, 2020
E. Natsir, “Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare,” Alma’Arief J. Pendidik. Sos. dan Budaya, vol. 3, no. 2, pp. 101–110, 2021.
F. Fadilla, R. Deka, dan M. Roysa, “Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring,” vol. 4, no. 3, pp. 302–308, 2021.
L. T. Prawanti dan W. Sumarni, “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj. UNNES, pp. 286–291, 2020.
R. Pawicara dan M. Conilie, “Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2020.
I. Muhammad, “Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh,” J. Ilm. Pendidik. Mat. Al Qalasadi, vol. 4, no. 1, pp. 24–30, 2020.
L. Dzalila, A. Ananda, dan S. Zuhri, “Pengaruh Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa,” J. Signal, vol. 8, no. 2, p. 203, 2020.
A. S. Ayoola, P. C. Acker, J. Kalanzi, M. C. Strehlow, J. U. Becker, and J. A. Newberry, “A qualitative study of an undergraduate online emergency medicine education program at a teaching Hospital in Kampala, Uganda,” BMC Med. Educ., vol. 22, no. 1, pp. 1–12, 2022.
E. Kurtarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi,” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 1, no. 2, pp. 207–220, 2017.
F. Liao, D. Murphy, J. C. Wu, C. Y. Chen, C. C. Chang, and P. F. Tsai, “How technology-enhanced experiential e-learning can facilitate the development of person-centred communication skills online for health-care students: a qualitative study,” BMC Med. Educ., vol. 22, no. 1, pp. 1–9, 2022.
H. Putria, L. H. Maula, dan D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 861–870, 2020.
K. Cicha, M. Rizun, P. Rutecka, and A. Strzelecki, “Covid-19 and higher education: First-year students’ expectations toward distance learning,” Sustain., vol. 13, no. 4, pp. 1–20, 2021.
I. B. Aritonang, R. Martin, dan W. Akbar, “Peran Model Pembelajaran Blanded Learning dalam Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia,” J. Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2021.
R. Kertinus, Y. Darma, dan W. Wahyudi, “Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Materi Hukum Archimedes,” Edukasi J. Pendidik., vol. 17, no. 2, p. 135, 2019.
A. Suhaemi, E. Tri Asih, dan F. Handayani, “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPS SD,”Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Holistika, vol. IV, no. 1, pp. 36–45, 2020.
A. M. Asror, A. F. Himma, and K. Z. Putro, “Konsep Belajar: Komparasi Islam dan Barat,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 8, no. 1, pp. 128–141, 2021.
R. Fauzi, I. Z. Achmad, dan A. K. Yuda R, “Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Di SMAN 2 Cikarang Pusat,” Riyadhoh J. Pendidik. Olahraga, vol. 3, no. 2, p. 37, 2020.
Sudaryono, Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
E. P. Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
S. Solikhun, M. Safii, dan A. Trisno, “Jaringan Saraf Tiruan untuk Memprediksi Tingkat Pemahaman Sisiwa terhadap Matapelajaran dengan Menggunakan Algoritma Backpropagation,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, p. 24, 2017.
I. Magdalena, B. Gemilang Mauludyana, dan L. Gusmawati, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 di SDN Curug Kulon 1,” J. Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 326–335, 2020.
W. S. Winkel, Psikologi Pengajaran, 12th ed. Yogyakarta: Media Abadi, 2012.
E. R. Siahaan, “Pengaruh Kuliah Daring terhadap Pemahaman Mahasiswa Tingkat Pertama Pada Mata Kuliah Etika Keperawatan,” Citra Delima J. Ilm. STIKES Citra Delima Bangka Belitung, vol. 5, no. 1, pp. 18–22, 2021.
N. B. Argaheni, “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 terhadap Mahasiswa Indonesia,” PLACENTUM J. Ilm. Kesehat. dan Apl., vol. 8, no. 2, p. 99, 2020.
S. L. Nasution, F. Windari, S. Z. Harahap, dan E. Elvina, “Pengaruh Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman dan Minat Belajar Mahasiswa pada Bidang Studi Akutansi di FEB Universitas Labuhanbatu,” Ecobisma (Jurnal Ekon. Bisnis Dan Manajemen), vol. 8, no. 1, pp. 67–75, 2021.
U. Ulfaida and T. Pahlevi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan,” J. Edukasi, vol. 8, no. 2, pp. 25–31, 2021.
W. Sutriyani, “Studi Pengaruh Daring terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematik Mahasiswa PGSD Era Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Dasar J. Tunas Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 155–165, 2020.
F. Zahroh, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 12–21, 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hariyanto Hariyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis