Pengaruh Dukungan Sosial Dosen dan Persepsi terhadap Aktivitas Membaca Mahasiswa : Kasus IAIN Kerinci dan STAI AN Andwah Kuala Tungkal, Jambi

Hendra Gunawan(1*), Mila Wahyuni(2), Afriansyah Afriansyah(3)

(1) UIN Sutlhan Taha Saifuddin Jambi
(2) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(3) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


This paper aims at knowing the influence of lecturer's social support and perception on students' reading activities of IAIN Kerinci and STAI An Nadwah Kuala Tungkal, Jambi. This paper applies the principles of quantitative research with a sample of 270 students from IAIN Kerinci and 170 students from STAI An Nadwah Kuala Tungkal. This samples are processed using the Slovin formula, while the questionnaire instrument uses the Likert scale as a survey instrument for variables of reading interest, perception of reading activity and lecturer's  social support which is then tested for feasibility using construct validity. The research was conducted from June to October 2021. This paper concludes that lecturers' social support and perception of reading activities together affect reading interest of IAIN Kerinci students by 66.2% and 33.8% is influenced by other factors, while for STAI An Nadwah Kuala Tungkal students by 41.3% and 58.7% influenced by other factors. This  social support is in the moderate category. Meanwhile, students' perceptions of reading activities showed positive and negative perceptions.

Keywords


Lecturer's Sosial Support, Perception, Student’s Reading Interest, IAIN Kerinci, STAI An Nadwah Kuala Tungkal

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Widodo, H. Husniati, D. Indraswati, A. N. Rahmatih, and S. Novitasari, “Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca,” J. Bid. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 38–46, 2020.

A. Widodo, D. Indraswasti, M. Erfan, M. A. Maulyda, and A. N. Rahmatih, “Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar Dan Pembelajaran, vol. 10, no. 1, p. 34, 2020.

A. Krishna, R. Rofaida, and M. Sari, “Analisis tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia),” in Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education, 2010, vol. 4, no. 1, pp. 552–560.

H. Sagita, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca Mahasiswa ITS”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2021.

A. Akbar, “Minat Literasi Mahasiswa,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2b, pp. 593–596, 2020.

D. Hardianto, “Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY,” Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, 2011.

M. I. Musa, “Dampak rendahnya minat baca dikalangan mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh serta cara meningkatkannya,” J. Pesona Dasar, vol. 3, no. 4, 2016.

S. Sukirman, F. Firman, N. Aswar, and M. Mirnawati, “Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa,” J. Onoma Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, vol. 7, no. 1, pp. 46–61, 2021.

R. Afria, “Penguatan Kemampuan Literasi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 6–13, 2021.

S. Arumdini, Y. Winoto, and R. K. Anwar, “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Baca Anak,” J. Kaji. Inf. Perpust., vol. 4, no. 2, pp. 171–178, 2016.

M. A. Wahyudi, “Minat Baca Siswa ditinjau dari Dukungan Orang Tua dan Motivasi Berprestasi,” Irsyaduna J. Stud. Kemahasiswaaan, vol. 1, no. 2, pp. 147–154, 2021.

R. Satini, “Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang,” Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, 2014.

S. Marlina and R. Hidayati, “Tinjauan Hukum Islam terhadap Pemberian Uang Adat (Selemak Semanis) dalam Perkawinan Adat Melayu Jambi,” ADHKI J. Islam. Fam. Law, vol. 1, no. 1, pp. 57–74, 2019.

P. A. P. Sari, “Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 141–152, 2020.

R. F. Martavia, H. E. Thahar, and Y. Asri, “Hubungan Minat Baca dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang,” J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 5, no. 2, pp. 363–369, 2016.

A. R. Yulianto, “Hubungan Antara Fasilitas Perpustakaan Universitas, Kepuasan dan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal,” Cakrawala J. Pendidik., vol. 4, no. 8, 2010.

L. T. Antika, “Hubungan antara minat baca, keterampilan metakognitif, dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model reading concept map-Think Pair Share (TPS),” SKRIPSI Mhs. UM, 2021.

R. I. R. Utami, D.R.G, Sukarti & Sulistyarini, Hubungan Curiosity dan Minat Membaca pada Mahasiswa Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2006.

F. Ramandanu, “Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa,” Mimb. Ilmu, vol. 24, no. 1, pp. 10–19, 2019.

B. E. Damanik, “Pengaruh Minat Baca dan Peran Dosen Pembimbing terhadap Keberhasilan Penulisan Tugas Akhir,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 198–207, 2018.

R. A. Astari, “Pengaruh Minat Baca dan Peran Dosen Pembimbing terhadap Keberhasilan Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surabaya,” Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2020.

D. Widiantoro, S. Nugroho, and Y. Arief, “Hubungan Antara Dukungan Sosial dari Dosen dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa,” J. An-Nafs Kaji. Penelit. Psikol., vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2019.

S. Tarsito, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

E. Mulyatiningsih and A. Nuryanto, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

S. Azwar, Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

D. Priyatno, Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i3.12021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendra Gunawan, Mila Wahyuni, Afriansyah Afriansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter