PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA

Dwi Oktaviana(1), utin desy susiaty(2*)

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKM berbasis konstruktivisme berbantuan quizizz dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada teori graph. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Thiagarajan dengan 3 tahap yaitu tahap define, design, dan develop. Produk valid dilihat dari hasil validasi ahli, produk praktis dilihat dari hasil angket, sedangkan produk efektif dilihat dari hasil uji coba. Hasil validasi para ahli memperoleh aspek materi dinyatakan sangat valid dengan hasil sebesar 4,67 sedangkan aspek media dinyatakan sangat valid dengan hasil sebesar 4,09. Hasil angket dosen pengampu mata kuliah memperoleh hasil sebesar 4,29 dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil angket respon mahasiswa diperoleh hasil sebesar 4,53 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji coba memperoleh hasil terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah teori graph dimana terdapat peningkatan nilai pretest dan posttest mahasiswa sehingga produk efektif digunakan dalam perkuliahan. Dengan demikian, dapat disimpulkan E-LKM berbasis konstruktivisme berbantuan quizizz dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah teori graph.

Keywords


-LKM; Kemampuan Representasi Matematis; Konstruktivisme; Quizizz

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i3.10531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Oktaviana, utin desy susiaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter