Efektivitas Sistem Computer Assist Test terhadap Kemudahan dan Kenyamanan dalam Melakukan Penilaian

Selli Mariko(1*), Halleyna Widyasari(2), Purni Munah Hartuti(3)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tahap pembelajaran secara garis besar dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada studi ilmiah ini tahapan yang akan dikaji oleh peneliti akan dibatasi hanya pada tahap evaluasi. Adapun permasalahan yang akan dikaji adalah efektivitas sistem penilaian terhadap kemudahan dan kenyamanan pada evaluasi hasil belajar peserta didik. Hipotesa atau dugaan awal dari peneliti bahwa sistem penilaian dengan Computer Assist Test (CAT) efektif dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan evaluasi kompetensi peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disesuaikan dengan teori yang relevan dapat diambil beberapa kesimpulan, di antaranya: 1. Sistem penilaian dengan Computer Assist Test (CAT) memiliki korelasi yang kuat terhadap kemudahan dalam melakukan evaluasi kompetensi peserta didik; 2. Sistem penilaian yang baik maka akan meningkatkan kemudahan dalam melakukan evaluasi kompetensi peserta didik; 3. Sistem penilaian yang baik yang baik maka akan meningkatkan kenyamanan dalam melakukan evaluasi kompetensi peserta didik; 4. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara sistem penilaian dengan CAT terhadap kemudahan dalam melakukan evaluasi kompetensi peserta didik. 5. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara sistem penilaian dengan CAT terhadap kenyamanan dalam melakukan evaluasi kompetensi peserta didik.

Keywords


Sistem Penilaian; Computer Assist Test; Kompetensi Peserta Didik;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Muhibbin, Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. Dr., M.Pd. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. Dr., M.Pd. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bhineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter