PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN PADA PEMBELAJARAN ERA DISRUPSI INDUSTRI 4.0

Mentari Ritonga(1*), Yulhendri Yulhendri(2), Nora Susanti(3)

(1) 
(2) Universitas Negeri Padang
(3) STKIP PGRI Sumbar
(*) Corresponding Author

Abstract


Era disrupsi teknologi tidak hanya berefek pada perubahan silkus bisnis, namun juga berdampak dunia pendidikan. Pendidikan tinggi dituntut untuk merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta memperhatikan karakteristik mahasiswa yang akrab dengan teknologi atau dikenal dengan generasi milenial. Proses pembejaran pada pendidikan tinggi pun diharapkan tidak hanya mengasah kemampuan mahasiswa secara akademis atau vokasional, namun juga harus mampu menghasilkan mahasiswa yang memiliki kecapakan di era 4.0 atau sering dikenal dengan kemampuan 4Cs. Peran dosen dalam mengahasilkan lulusan mahasiswa yang memiliki kecapakan di era 4.0 tentu tidak terlepas dari kompetensi yang harus dimiliki oleh dosen dalam menyelenggaran pembelajaran. Dosen di era 4.0 harus mampu menjadi seorang pendidik yang memiliki kemampuan mempelajari pola piker mahasiswa, memilliki literasi digital, serta mampu mengintegrasikan kegiatan kelas yang selama ini dilakukan dengan beberapa platform media pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dalam melakukan pembelajaran di era 4.0. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode Analysis Factor Confirmatory dengan 200 responden dan dianalisis menggunakan Struktural Equation Model menggunakan PLS.. Hasil pengukuran faktor loading dari item-item yang digunakan sebagai pembentuk variabel kemampuan dosen menunjukkan angka di atas 0,5. Hal ini mengindikasikan bahwa menuurut mahasiswa osen Fakultas Ekonomi telah memiliki kompetensi yang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran di era 4.0


Keywords


Kompetensi Dosen; Pembelajaran; Era 4.0

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afrianto. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. English Language Teaching and Research Journal. Vol 2(1).

Aswasulasikin, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuliah Daring dimasa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15734

Fadel, C, (2015). Skill For the 21st Century : What Should Student Learn?. Center For Curriculum Redesign. Boston, Massachusetts.

Balkaran, N.D. (2011) Role of Student Ratings of Lecturers in Enhancing Teaching at Higher Education Institutions: A Case Study of the Durban University of Technology.Journal of Economics and Behavioral StudiesVol. 5, No. 5, pp. 268-281.

Bell, E., Bryman, A., & Harley, B. (2018). Business research methods. Oxford university press.

Griffin, P. M. (2012). Assessment and Teaching Of 21st Century Skills. Dordrecht: NL, Springer.

Henard, F., & Roseveare, D. (2012). Fostering quality teaching in higher education: Policies and practices. An IMHE Guide for Higher Education Institutions, 7-11.

Leight, H (2005). Collaborative Testing Improves Performance but Not Content Retention in a Large-Enrollment Introductory Biology Class. CBE -Life Sciences Education. Vol 11 Winter 2012.

Lippl, C. (2013). The Four Cs of 21st Century Skills. Zuluma Education Trends. http://zuluma.com/education-trends/four-cs-21st-century-skills/

Kivunja, C. (2015). Exploring the Pedagogical Meaning and Implications of the 4Cs “Super Skills” for the 21<sup>st</sup> Century through Bruner’s 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of the New Learning Paradigm. Creative Education, 06(02), 224–239. https://doi.org/10.4236/ce.2015.62021

Kuncoro, J. (2012). Validitas item dan konntrak serta reliabilitas instrumen presepsional kompetensi dosen. Proyeksi, Vol. 7 (2), 89-102.

Krauss, J., & Boss, S. (2013). Thinking through project-based learning: Guiding deeper inquiry.

Krumsvik, R. J. (2014). Teacher educators’ digital competence. Scandinavian Journal of Educational Research. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00313831.2012.726273

Mairc, J. (2020). 5Es? 4Cs 21st century skills learning. 2020 International Conference on Cyber Situational …. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9139611/

Muqorobin, M., & Rais, N. A. R. (2020). Analysis of the Role of Information Systems Technology in Lecture Learning during the Corona Virus Pandemic. … Journal of Computer and Information System …. http://www.ijcis.net/index.php/ijcis/article/view/15

Muzenda, A.(2013). Lecturers competences and students academic performance. International Journal of Humanities and Social Science Invention.,3,(1),6-13.

Polin, B. (2020). In Search of a Role for the Traditional Lecture. In ARBS 2020 Proceedings 7th Annual Conference …. business.eku.edu. https://business.eku.edu/sites/business.eku.edu/files/files/arbs/ARBS 2020 Proceedings.pdf#page=67

Pongkitwitoon, R. (2017). Teaching Educational Technology through Project Based Learning (PBL) for 21st Century Success. In Faculty of Education, Nakhon Ratchasima …. buscompress.com. http://buscompress.com/uploads/3/4/9/8/34980536/riber_6-nrru_a17-330_206-211.pdf

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills, Enhanced Edition: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.

Vygotsky, L. S. (1929). The Problem of the Cultural Development of the Child. Journal of Genetic Psychology, 36, 415-434.

Yahya, Z., & Hidayati, F. (2014). Analisis Kompetensi Terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Jurnal.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).