PENGARUH REGULASI DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS

Chientya Annisa Rahman Putrie(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif . Populasi targetnya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 233 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Slovin sebanyak 147 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mengetahui kemampuan regulasi diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh regulasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri siswa dapat meningkatkan prestasi belajar yang didapatkan oelh masing-masing siswa dalam pembelajran. Uji persyaratan data yang digunakan adalah Uji Normalitas dengan metode Uji Kolmogrov Smirnov dan Uji regresi yang digunakan adalah Uji t. Uji yang digunakan memperolah hasil analisis t hit = 64,461 dan p-value = 0,000/2 = 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh positif regulasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS.

Keywords


Regulasi Diri; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, Yenni dan Yuliana. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar l.Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. JSEE – Vol. VI, No. I, April 2018 ISSN:2354-6719 Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi.

Annisa, Anggrayani N. (2017). Hubungan Regulasi Diri (Self Regulation) Dalam Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Seputih Agung lampung.

Arifayani, Yuli. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Ypkk 1 Sleman.

Fiqhan, Ibnu Muslim. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Research and Development Journal Of Education. Vol. 5 No. 2 April 2019.

Hendro, Prasetyo. (2020). Peninkatan Konse Diri Terhadap Pestasi Belajar. ISSN 2657-1056. Research and Development Journal Of Education

Lutfi, Mohamad Nugraha. (2018). Pengaruh Persisntensi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMP Al-Qalam. Research and Development Journal Of Education. Vol. 5 No. 1 Oktober 2018.

Nugroho, Rega Wibiyakto. (2018). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Ego Depletion Pada Mahasiswa.

Nurjanah, Siti. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Mts N 2 Boyolali.

Rahayu, Risa. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017.

Ramadhan, Restu Pangersa dan Hendri Winata. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa. Vol. 1 No. 1 Agustus 2016.

Rizqyah, Ni’matur. (2016). Pengaruh Strategi Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi Smp Hasanuddin Sepanjang Gondanglegi.

Vhalery, R. (2019). Pengaruh Komitmen Belajar dan Lingkungan Kampus Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48(1), 18-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).