PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK DI SMK PLUS PELITA NUSANTARA

Nada Cania(1), Rosalina Dewi Heryani(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dalam meningkatkan minat berwirausaha peserta didik kelas XI jurusan perbankan di SMK Plus Pelita Nusantara. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada 10 informan yang memiliki akun instagram dengan followers lebih dari 700 dengan teknik purposive sampling, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa instagram berperan dalam meningkatkan minat berwirausaha peserta didik yaitu sebagai media promosi dan wadah untuk berjualan secara online sehingga tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen. Dengan begitu peserta didik tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat brosur, dan tidak perlu menyewa tempat berjualan yang mahal. Namun minat atau rasa ketertarikan peserta didik terhadap berwirausaha masih perlu ditingkatkan dan dilatih lagi. Hal tersebut disebabkan oleh peserta didik yang merasa kurang memiliki rasa percaya diri, kurang kreatif, kurang modal, dan belum berani mengambil resiko kerugian dalam sebuah usaha. Cara mengatasinya dengan memaksimalkan penggunaan akun instagram mereka. Apabila peserta didik memiliki banyak followers maka besar kemungkinan produk yang dijual berpotensi memiliki pembeli yang banyak. Sehingga media instagram dapat meningkatkan minat berwirausaha peserta didik khususnya pada kelas XI Perbankan di SMK Plus Pelita Nusantara.


Keywords


Media Sosial; Instagram ; Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adinda, S dan Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram @explormalang Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi (Survey Pada Followers @exploremalang). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 72 Nomor 1 Juli 2019.

Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru.Jurnal Online mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Volume 2 Nomor 2 Tanggal 2 Oktober 2015.

Anwar, M. (2014). Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Databoks.(2020). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10. Diakses pada 11 Juni 2020.

Fikrian, M. (2018). Analisis Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kashmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nordiana, E. (2014). Peran Jejaring Sosial Sebagai Media Peningkat Minat Berwirausaha Untuk Berbisnis Online (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya).Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Volume 2 Nomor 2 tahun 2014.

Nurkarima, N.(2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlakul karimah dan Akhlakul Madzmumah Siswa di SMAN 1 Kauman Tahun Ajaran 2017/2018.Skripsi Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Rahayu, E.S. dan Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. Volume 20 Nomor 03 Desember 2018.

Sidiq, A. (2017). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah (Study Akun @Fuadbakh). Skripsi Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Suryana, Y dan Bayu, K. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya.Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 1 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).