PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER

Rendika Vhalery(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Mata pelajaran IPS di sekolah menengah atas lebih dominan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dimana guru menjadi pusat perhatian dan siswa hanya melihat atau mendengar penjelasan dari guru yang mengakibatkan siswa menjadi pasif. Ada banyak alternatif yang tersedia, salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif. Pada penelitian ini, penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan numbered head together. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan numbered head together mempunyai pengaruh terhadap aktivitas belajar, serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan aktivitas belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan numbered head together.  Penelitian dilakukan di SMA Tri Dharma Palembang yang melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar siswa, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe numbered head together terhadap aktivitas belajar siswa, 3) terdapat perbedaan aktivitas belajar melalui model pembelajaran koperatif tipe group investigation dan numbered head together. Secara keseluruhan, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik untuk mengatasi masalah aktivitas belajar siswa daripada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together.

Keywords


Model Pembelajaran; Kooperatif; Group Investigation; Numbered Head Together; Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astra, I. M., Wahyuni, C., & Nasbey, H. (2015). Improvement of Learning Process and Learning Outcomes in Physics Learning by using Collaborative Learning Model of Group Investigation at High School ( grade X , SMAN 14 Jakarta ). Journal of Education and Practice, 6(11), 75–80.

Asyari, M., Muhdhar, M. H. I. Al, Susilo, H., & Ibrohim. (2015). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 36–44.

Damini, M. (2014). How the Group Investigation model and the Six-Mirror model changed teachers ’ roles and teachers ’ and students ’ attitudes towards diversity. Intercultural Education, 25(3), 197–205. https://doi.org/10.1080/14675986.2014.917794

Fanolong, T., Bugis, R., Azwan, A., Hanapi, H., & Handayani, N. (2016). The Students’ Reading Ability Improvement Through Numbered Head Together (Nht) Technique, 1–10.

Hadiyanti, R., Kusni, & Suhito. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numberedhead Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41–48. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2567

Khaeriyah, F. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Cooperative Learning Teknik Grup Investigasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 209–224.

Khafid, S. (2010). Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok, Gaya Kognitif, Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 73–78.

Pietersz, F., & Saragih, H. (2010). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 432–438.

Rahmawati, D., Nugroho, S. ., & Putra, N. M. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP D. Unnes Physic Education Journal, 3(1).

Sojayapan, C., & Khlaisang, J. (2018). The effect of a flipped classroom with online group investigation on students’ team learning ability. Kasetsart Journal of Social Sciences, pp. 1–6. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.02.003

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( Nht ) Materi Ajar Perbandingan Dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2(2).

Ulfah, A., Sahputra, R., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(10), 1–11. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/7535

Vhalery, R. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery walk dengan Tipe Learning together pada Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMA Tri Dharma Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (Vol. 9).

Vhalery, R., & Nofriansyah, -. (2018). Cooperative Learning in the Learning Activity of Students. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 8(9), 62. https://doi.org/10.29322/IJSRP.8.9.2018.p8110

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. JPPM, 9(2), 263–267.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).