MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR PADA SISWA KELAS X IPS DI SMAN 5 BEKASI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dian Widya Sari(1*)

(1) SMAN 5 BEKASI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang melalui media pembelajaran gambar pada siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek  penelitian yaitu siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018, dan kolaborator  yaitu teman sejawat  di SMAN 5 Bekasi.  Peneliti menggunakan teknik dan alat pengumpul data yaitu  pilihan ganda. Disamping itu, peneliti juga akan menggunakan lembar observasi. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yaitu: 1) Rata-rata kemampuan kosakata bahasa Jepang  pada siklus pertama mendapatkan rata-rata 57,57, median 55, modus 50, standar deviasi 11,205, varians 125,546, rentang 45, nilai terkecil 45, nilai terbesar 90. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai sesuai dengan KKM adalah 7  siswa atau 20  %   dan 28 atau 80  % siswa tidak mendapatkan nilai yang sesuai dengan KKM. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti belum sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan. Oleh karena itu, siklus kedua harus diadakan oleh peneliti. 2) Rata-rata kemampuan kosakata bahasa Jepang  pada siklus kedua  mendapatkan rata-rata 79, median 75, modus 93, standar deviasi 5,396, varians 29,118, rentang 20, nilai terkecil 77, dan  nilai terbesar 95.  Jumlah siswa yang mendapatkan nilai sesuai dengan KKM adalah 35 siswa atau 100%. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan. Oleh karena itu, siklus ketiga  tidak perlu  diadakan oleh peneliti.3. Penggunaan media pembelajaran bergambar dapat  meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang  siswa kelas X IPS di SMAN 5 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords


kemampuan kosakata; bahasa jepang; media pembelajaran gambar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Angkowo R. dan A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo

Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan.Pemanfaatannya.Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada

Aristo, Rahadi. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen PendidikanNasional

Arsyad Azhar. (2010).Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja GrafindoPersada

Asano Yuriko. (2000). Gaikoku Jin No Tame No Kihon Hanasu Yourei Jikyoku. Tokyo: Ookura Syouin Satsukyoku Matsuura, Kenji.

Basuki Wibawa dan Farida Mukti. (2001). Media Pengajaran.Bandung : CV Maulana.

Biggs, Syah. (1997). Konsep Pembelajaran di Dunia Pendidikan.(Terjemahan oleh H. Nuktah Arfawie Kurde, Imam Syafe’i, dan NoorhaidiA.H). Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda bekerjasamadengan Pustaka Pelajar.

Buyung Ahmad. (2007). Kompeten dan Kompetensi. 2 Oktober 2007 diakses dari http://deroe.wordpress.com/2007/10/05/kompeten Dan kompetensi/ pada tanggal 2 Oktober 2011.

Hamalik. (1994). Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kamus Jepang-Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. (1984). Tata Bahasa Indonesia. Ende Flores: Nusa Indah.arigan. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa

Kreitner, Robert & Kinicki, Angelo. (2005). ”Perilaku Organisasi” , Buku 1, Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984), Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. (1992). Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Noehi Nasution. (2004). Psikologi Belajar. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta : PT Raya Grafindo Persada

Soedjito. (1986). Kalimat Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjianto, Dahidi Ahmad. (2004). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. (2001). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana

Udin S. Winataputra, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).