PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Ihwan Zulkarnain(1*), Hadi Budiman(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. siswa kelas X jurusan Usaha Perjalanan Wisata di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan metode analisis korelasi dan regresi sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa soal esai sebanyak 10 soal yang terdiri dari 5 soal untuk pemahaman konsep serta 5 soal tentang kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian didapatkan nilai Fhitung>Ftabel (110,02 > 4,20), maka hipotesis H0 diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman konsep (variabel X) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (variabel Y). Penelitian ini telah menemukan dan membuktikan bahwa pemahaman konsep memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah khususnya dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Pemahaman Konsep; Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Puskur.

Eviliyanida. (2010). Pemechan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No 2. http://ejornal.stikpgetsempema.ac.id

Giovani, N. (2013). Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Kompetensi Dasar Menghitung Keliling dan Luas Segitiga,Segiempat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Ekuivalen. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/viewFile/407/429

Hartati, Sri. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal pendidikan matematika, volume 2, nomor 1. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/issue/view/90

Hudoyo, Herman. (2012). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Mahuda, Isnaini. (2017). Pembelajaran Kooperatif co-op co-op dengan Pendekatan open-ended untuk Menigkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM vol. 10 no. 2. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/issue/view/260

Ubaidah, Nila. (2016). Pemanfaatan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Make a Match Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula Volume 4 (1). www.research.unissula.ac.id

Ulia, Nuhyal. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di Sd. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 20, Nomor 2. www.tunasbangsa.stikpgetsempena.ac.id

Rosdiana dan La Misu. (2013). Pengembangan Teori Pembelajaran Perilaku dalam Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta.

Ruseffendi. (2012). Pengajaran Matematika Modern dan Masa kini. Bandung: Tarsito.

Supardi U. S. (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).