PENGARUH REINFORCEMENT GURU TERHADAP KOMPETENSI AFEKTIF SISWA SMA JAKARTA TIMUR DALAM MEMINIMALISIR BERITA HOAX

Agus Abdillah(1*), Hendro Prasetyono(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh reinforcement guru terhadap kompetensi afektif siswa SMA Jakarta Timur dalam meminimalisir berita hoax di media sosial online. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA di Jakarta Timur tahun ajaran 2017/2018 yang sebelumnya dipilih secara kluster berjumlah 1.793 siswa. Selanjutnya pengambilan sampel dengan proportional random sampling diperoleh sampel sebanyak 95 siswa. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan reinforcement guru terhadap kompetensi afektif siswa SMA Jakarta Timur dalam meminimalisir berita hoax di media sosial online. Koefisien determinan (R2) yang diperoleh (0,333)2 sebesar 0,111. Hal ini menunjukkan bahwa reinforcement guru memberikan kontribusi terhadap kompetensi afektif siswa sebesar 11,1%, sedangkan sisanya sebesar 88,9% disumbangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.M. Latif, Muchlisah, dan E. Damayanti. (2010). Pengaruh Teknik Reinforcement Terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia.Jurnal Biotek Vol. 5 (1).

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Chatib, Munif. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia. Bandung: Kaifa.

___________. (2012). Orang Tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Uno, Hamzah B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Agus. (2015). Aplikasi Reinforcement oleh Guru Mata Pelajaran dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Guidena, Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, Vol. 5 No. 2. ISSN 2088-9623.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).