PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA INSAN KESUMA MADANI
(1) Universitas Medan Area
(2) Univeristas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis; 1) pengaruh self-efficacy terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani dalam menghadapi asesmen madrasah; 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani dalam menghadapi asesmen madrasah; serta 3) pengaruh self-efficacy dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani dalam menghadapi asesmen madrasah. Pendekatan penelitian menggunakan tipe kuantitatif dengan jenis survei. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 104 siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) self-efficacy berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani; 2) motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani; serta 3) self-efficacy dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Insan Kesuma Madani. Kontribusi penelitian diketahui sebesar 19,5%, sedangkan 80,5% merupakan faktor yang tidak terkandung dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: Changing Societies. Combridge University Press.
Basri, H. (2004). Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya. Pustaka Pelajar
Cobb Jr, R. (2003). The relationship between self-regulated learning behaviors and academic performance in web-based courses.
Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Patras, Y. E., Horiah, S., Zen, D. S., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Edum Journal, 4(2), 69-75.
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh konsep diri dan reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1046-1053.
Septinityas, E., Rakhmawati, D., & Yulianti, P. D. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 185-196.
Suciati, W. (2016). Kiat sukses melalui kecerdasan emosional dan kemandirian belajar. Rasibook.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian belajar siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam pembelajaran tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.27952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















