KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DI SEKOLAH DASAR

Hafshoh Aulia Makarim(1), Arum Putri Rahayu(2*)

(1) 
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan
(*) Corresponding Author

Abstract


Keunggulan yang wajib dimiliki oleh seorang guru adalah kreativitas. Guru yang kreatif dapat dikenali dari kemampuannya menggunakan berbagai teknik dan variasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat menghafal surat-surat pendek di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data utamanya adalah dengan wawancara secara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), tiga orang siswa, dan dua orang tua siswa. Wawancara ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merancang kegiatan pembelajaran menghafal surat-surat pendek, memotivasi siswa dalam menghafal, serta kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan menghafal surat-surat pendek yang dilakukan setiap pekan dengan metode muraja’ah, terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi siswa. Selain itu, kreativitas pada guru Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu faktor penting dalam menumbuhkan minat siswa menghafal surat-surat pendek. Namun, faktor lain seperti dukungan orang tua dan adanya kompetisi antar siswa juga turut berkontribusi terhadap keberhasilan menghafal surat-surat pendek di SDN Gulun 3. Kombinasi antara faktor-faktor tersebut menciptakan gabungan yang positif dalam mendorong siswa untuk lebih giat menghafal surat-surat pendek.


Keywords


Kreativitas; Pendidikan Agama Islam; PAI; Metode Muraja’ah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aliyah, N., & Nikmah, F. (2022). Implementasi metode an-nashr untuk meningkatkan kemampuan menghafal terjemah ayat al-Quran pada siswa madrasah tsanawiyah. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v8i2.15999

Anwar, K., Yulita, O., Amin, S., Isa, M., & Hariandi, R. (2021). Strategi guru al-Quran hadis dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal juz amma. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 24–31. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.3075

Ariani, S., & Realita. (2015). Program bengkel mengaji (upaya peningkatan kemampuan tahsin al-Qur’an mahasiswa PAI). Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(1), 113–144. https://doi.org/10.22373/jm.v5i1.301

Assingkily, M. S. (2019). Peran program tahfiz dan tahsin al-Qur’an dalam meningkatkan literasi al-Qur’an siswa di madrasah ibtidaiyah nurul ummah kotagede yogyakarta. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 186–225. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/4157

Aziz, J. A. (2017). Pengaruh menghafal al-Quran terhadap pembentukan karakter peserta didik di roudhotul atfal (RA) jamiatul qurra cimahi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/jga.2017.21-01

Baroroh, E. Z., Firmansyah, D., & Hasanah, N. (2023). Efektivitas achievement motivation training (AMT) berbasis islam dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Quran santri. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 6(1), 35–46. https://doi.org/10.15575/jpib.v6i1.20526

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25846

Dhin, C. N. (2019). Efektifitas strategi reading a load guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1). https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.3753

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic literature review: Efektivitas penggunaan google form untuk evaluasi pembelajaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 93. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2811

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Farouq, M. A. Y. (2023). Strategi dan motivasi mahasiswa penghafal al-Qur’an di pondok pesantren tahfizul al-Qur’an nurul furqon malang. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 19(1), 68–77. https://doi.org/10.23971/jsam.v19i1.4564

Fauzan, M. F., & Supratman, L. P. (2019). Studi fenomenologi tentang komunikasi antar pribadi anggota komunitas anak indigo indonesia. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 180. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.11684

Feriana, D., & Ulfatun, T. (2024). The role of school culture in shaping a positive learning environment. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 126–131. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2820

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444–454. https://doi.org/10.1037/h0063487

Hambali, H. A. N. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF IBNU SINA. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 737–748. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i1.612

Hasna, inayati, N. L., Rossi, V., & Rosyida, A. (2024). Pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Quran di TPA lingkar Quran al-ikhlash surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1913–1924. https://doi.org/10.58230/27454312.597

Hikmawan, M. F., & Irfansyah, I. (2022). Buku prestasi santri berbasis digital menggunakan prinsip postel. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(2), 354–363. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i2.6691

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas program tahfidz al-Quran dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689

Ibrahim, P. S., & Ifnaldi, I. (2022). Urgensi penerapan metode talqin untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-Quran di pondok tahfiz RBA asy syifa curup. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(2), 239. https://doi.org/10.30984/jii.v16i2.2163

Ismail, I., Wardi, Moh., Supandi, S., & Ridho, A. (2022). Pembelajaran tahfidh juz ‘amma anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3855–3867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2015

Jamil, I. M., & Mariana, M. (2024). Peran orang tua terhadap anak dalam menghafal al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 415–422. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5533

Khamid, A., Munifah, R., & Rahmawati, A. D. (2021). Efektifitas metode muraja’ah dalam menghafal al-Qur’an pada santri pondok pesantren. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 31. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.1432

Latipah, E. (2021). Effective teaching in psychological perspective: PAI teacher knowledge and skills. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 215–226. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-01

Marza, S. E. (2017). Regulasi diri remaja penghafal al-Qur’an di pondok pesantren al-Qur’an jami’atul qurro’ sumatera selatan. INTELEKTUALITA, 6(1), 145. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1306

Muis, A. A., Salmiati, S., Djollong, A. F., Aripail, M., & Arham, A. (2022). Pengembangan guru kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu peserta didik pada mata Pendidikan Agama Islam di SMP muhammadiyah parepare. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2418

Ngatman, N., Guntur, G., Broto, D. P., & Bakar, Z. A. (2022). Evaluasi pembelajaran penjasorkes (PJOK) saat pandemi Covid-19 SMP negeri se-kabupaten sleman tahun 2022. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 144–154. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.54779

Niswatin, K., Zainiyati, H. S., Al Hana, R., & Hamid, A. (2022). Desain pembelajaran model assure pada materi al-Quran hadits berbasis video untuk meningkatkan minat belajar peserta pidik. JURNAL PENELITIAN, 15(2), 229. https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.9590

Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215–228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245

Pramusinta, Y., & Ummah, A. N. R. (2023). Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e book. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77–97. https://doi.org/10.58230/27454312.13

Puspitasari, N. S., Irfan, M. Z., & Al Faritzi, M. R. (2024). Disability in the Qur’an manifestation of repositioning from exclusive to inclusive. Jurnal Studi Al-Qur’an, 20(2), 123–135. https://doi.org/10.21009/20.2.02

Putra, A. A. (2017). Konsep pendidikan agama islam perspektif imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617

Qodriyatun, Z. N., Muqowim, M., & Radjasa, R. (2020). Menanamkan tradisi membaca pada siswa menurut pandangan KH. Wahid Hasyim dalam menjawab tantangan era industri 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 267–285. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.267-285

Rachmawati, R., Djamhuri, A., & Andayani, W. (2018). Studi fenomenologi atas implementasi akuntansi berbasis akrual pada badan layanan umum daerah RSUD DR. Saiful Anwar Malang. Jurnal Akuntansi Aktual, 5(2), 121–128. https://doi.org/10.17977/um004v5i22018p121

Rahmita, N., Karim Parapat, I., Nurmawati, N., & Sukri Sitorus, A. (2023). Evaluasi pembelajaran tahsin tilawah al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–530. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.244

Ristanti, O., Suri, A., Choirrudin, C., & Dinanti, L. K. (2020). Pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional telaah terhadap UU No. 20 tahun 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 152. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2826

Rizqi, N., Basir, A., Shalihah, S., Mubarak, H., & Syahbudin, A. (2023). Efektivitas metode muraja’ah hafalan al-Quran siswa pada SD islam terpadu al khair barabai kalimantan selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(6), 4484. https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2145

Sangadah, L., & Ismail, S. (2020). Implementation of five calls reminder (FCR) as the adaptive muroja’ah (memorization) method for the Qur’an at daarunnajah magelang islamic boarding school. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 173–194. https://doi.org/10.14421/jpi.2020.92.173-194

Siregar, V. V., Aflah, N., Fadilah, R., Naemah, Z., Wijaya Panjaitan, D. H., Pratama, H. I., & Arif Nashuha, A. H. (2022). Implementasi kegiatan shalat dhuha dan tahsin al-Qur’an dalam membentuk karater siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 39–45. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.39501

Solehuddin, S. (2019). Keefektifan program literasi al-Quran di sekolah-sekolah swasta non-agama dalam kerangka penguat karakter (kajian di jawa barat). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, 3(2). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3790

Suhendra, S., Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam membentuk religiusitas siswa kelas IV di SDN 2 pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230

Taher, S. M., & Munastiwi, E. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK islam terpadu salsabila al-muthi’in yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). Kreativitas guru dalam membuat alat permainan edukatif dari barang bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43–56. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i1.10561

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Yasa, S. P. K., & Pratiwi, P. C. (2021). “Sanggupkah kita bertahan?”: Studi fenomenologi penyesuaian diri pada dewasa muda yang berpacaran beda agama. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(3), 340–352. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i3.27289

Zumrodi, Z. (2021). The Prophetic Education Values on Surah al-’Alaq. ADDIN, 15(2), 281. https://doi.org/10.21043/addin.v15i2.14480.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.27180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.