PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL THERAPY PADA PERILAKU NARSISTIK REMAJA PENGGUNA TIKTOK

Azlika Zuinu Rahma Sirait(1*), Ahmad Syarqawi(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individuok dengan teknik behavioral therapy dalam mengurangi perilaku narsistik pada remaja pengguna TikTok. Perilaku narsistik di kalangan remaja sering kali dipicu oleh penggunaan media sosial yang memfasilitasi kebutuhan akan pengakuan sosial dan perhatian, seperti TikTok. Behavioral therapy diterapkan sebagai pendekatan untuk memodifikasi perilaku negatif dengan fokus pada perubahan perilaku yang lebih adaptif dan diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, yang mengukur perilaku narsistik sebelum dan sesudah intervensi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, sementara analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik non-parametrik dengan Wilcoxon Signed Rank Test, yang diolah menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individu dengan teknik behavioral therapy secara signifikan mengurangi perilaku narsistik pada remaja. Behavioral therapy, dengan langkah-langkah terstrukturnya seperti asesmen, penetapan tujuan, implementasi teknik, dan evaluasi, berhasil memodifikasi perilaku narsistik yang awalnya tinggi menjadi lebih rendah setelah intervensi. Teknik ini membantu remaja memahami dampak negatif perilaku mereka dan menawarkan strategi untuk mengurangi ketergantungan pada pengakuan eksternal. Dengan demikian, konseling individual berbasis behavioral therapy terbukti menjadi solusi efektif untuk mengatasi perilaku narsistik yang sering kali muncul akibat penggunaan media sosial, terutama TikTok.

 


Keywords


Konseling Individu; Narsistik; Behavior Therapy

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Corey, G. (2009). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung: PT refika aditama.

Damanik, M. H. (2021). Integrasi nilai-nilai Religius pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Durand, M. V., & Barlow, D. H. (2007). Intisari Psikologi Abnormal Buku. Pustaka Pelajar.

Endah, T., Dimas, A., & Akmal, N. (2017). Kajian dampak penggunaan media sosial bagi anak dan remaja. Puskakom UI.

Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku narsis pada media sosial di kalangan remaja dan upaya penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2).

Firman, F. (2018). Hubungan Self Control dengan Kecenderungan Narsistik Siswa Pengguna Jejaring Sosial Instagram di SMP Negeri 2 Padang.

Halgin, R. P., & Whitbourne, S. K. (2010). Psikologi Abnormal: Perspektif Klinis Pada Gangguan Psikologis. Salemba Humanika.

Hartawi, E., & Yusra, Z. (2018). Kontribusi Penerimaan Diri dan Tipe Kepribadian Narsistik terhadap Penggunaan Aplikasi Photoeditor. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 9(1), 25-36.

Jumonville, A. (2012). Encyclopedia of the Sciences of Learning. Reference Reviews, 26(8), 23-24.

Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2016). Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Lubis, S. A., Neliwati, N., & Pardede, F. P. (2020). The Implementation of Akhlaq Education Values in Academic Services at STIT Al Hikmah Tebing Tebinggi. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 914-922.

Manurung, N. K. (2009). Pengaruh Karakteristik Remaja, Genetik, Pendapatan Keluarga, Pendidikan Ibu, Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Obesitas di SMU RK Tri Sakti Medan 2008 (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Najah, D. H., Putra, A. A., & Aiyuda, N. (2021). Kecenderungan Narsistik dengan Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok pada Mahasiswa. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 5(1), 1-7.

Nasution, N. A., & Syarqawi, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa MTsN 2 Medan. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 120-130.

Pear, J. J. (2016). What’s in a name? Is the science of learning identical to behavior analysis?. European Journal of Behavior Analysis, 17(1), 31-40.

Rahmayani, M., Ramdhani, M., & Lubis, F. O. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku kecanduan mahasiswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3327-3343.

Roisiah, R. R., Ihsan, P., & Wijayadi, W. (2021). Narcissism In Paula Hawkins'novel The Girl On The Train. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching, 5(1), 170-178.

Rohmah, A. (2021). Narsisme dan Implikasinya terhadap Gangguan Kepribadian Narsistik Perspektif Al-Qur’an. QOF, 5(2), 251-266.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarqawi, A. (2016). Nilai-nilai agama islam dalam mensukseskan proses dan mengoptimalkan hasil layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 2(1), 42-51.

Wijaya, M. H. D. & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170-191.

Willis, S. S. (2021). Konseling Individual : Teori Dan Praktek. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).