PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INKUIRI PADA MATAKULIAH IPS MI/SD

Ummiy Fauziyah Laili(1), Choiru Umatin(2*), Novi Rosita Rahmawati(3)

(1) IAIN Kediri
(2) Institut Agama Islam Negeri Kediri
(3) Institut Agama Islam Negeri Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pembelajaran di perguruan tinggi diharapkan selalu berinovasi dalam proses pembelajaran yang lebih menitik beratkan pada peran aktif, kreatif dan inovatif mahasiswa sehingga dapat melaksanakan interaksi edukatif yang lebih mudah dipahami, menarik dan menyenangkan. Faktanya, selama ini pelaksanaan pengajaran di Program Studi PGMI menggunakan beragam metode pembelajaran akan tetapi metode pembelajaran yang kurang mengena dan kurang membuat mahasiswa berfikir kritis apalagi ketika mahasiswa diberikan permasalahan terkait matakuliah dan kurang menunjukkan hasil belajar yang maksimal. Artikel ini melihat bagaimana perbedaan hasil belajar mahasiswa dan efektivitas metode pembelajaran antara metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pembelajaran Inkuiri pada Matakuliah IPS MI/SD Mahasiswa PGMI IAIN Kediri. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan pre tes dan post tes, serta pemilihan kelompok sampel yang dilakukan dengan dipilih 2 kelas dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar mahasiswa PGMI kelas IPS MI/SD 3A (eksperimen) yang diajar dengan menggunakan metode Problem Based Learning terbukti lebih baik daripada kelas IPS MI/SD 3C (kontrol) yang diajar dengan Metode Inkuiri. Hasil observasi partisipasif antara kelas IPS MI/SD 3A (eksperimen) lebih aktif daripada kelas IPS MI/SD 3C (kontrol). Dengan demikian metode PBL (Problem Based Learning) terbukti lebih baik dan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dibanding dengan metode inkuiri.

 


Keywords


Hasil Belajar; Strategi PBL; Inkuiri

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Al-Tabani, T.I. Badar (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013.. Jakarta: Kencana.

Burke & Edmund, M. (1999). Corporate Community Relations: The Principle of The Neighbor of Choice. California: Greenwood Publishing Group.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Haikal, Deffa R. dkk. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(1)

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, dkk. (2016). Revolusi dan Inovasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhatasa, dkk. (2023). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 36 Pontianak Kota. AS-SABIQUN: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(5)

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan.. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Saptono, A. (2017). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan 105-112.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Susilo, Agus & Sarkowi. (2018).”Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi”. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).