PERILAKU PHUBBING: PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD “PHUB_C” PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Nabila Latifful Alfiyah(1), Cici Yulia(2*), Rismar Julia Utami(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
(*) Corresponding Author

Abstract


Phubbing atau perilaku mengabaikan orang di sekitar dengan menggunakan smartphone, telah menjadi fenomena yang semakin umum di kalangan remaja, termasuk peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Flash Card “Phub_C” (Phubbing Flash Card) sebagai alat edukatif untuk mengurangi perilaku phubbing di kalangan peserta didik SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan ADDIE. Tahap pertama, Analisis, melibatkan identifikasi kebutuhan dan analisis situasi untuk memahami prevalensi dan dampak phubbing di lingkungan sekolah. Tahap kedua, Desain, mencakup perancangan media flash card “Phub_C” dengan materi yang relevan dan menarik, yang berfokus pada kesadaran dan pengendalian diri dalam penggunaan smartphone. Tahap ketiga, Pengembangan, adalah proses pembuatan prototipe flash card, diikuti dengan validasi ahli untuk memastikan konten dan desain sesuai dengan tujuan edukatif. Tahap keempat, Implementasi, melibatkan uji coba media di sekolah terpilih, dengan partisipasi aktif dari peserta didik dan guru BK untuk mendapatkan umpan balik. Tahap kelima, Evaluasi, terdiri dari evaluasi formatif untuk mengukur efektivitas media dalam mengurangi perilaku phubbing serta untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash card “Phub_C” dapat meningkatkan kesadaran peserta didik tentang dampak negatif phubbing dan mengurangi frekuensi perilaku phubbing di kalangan peserta didik SMK. Umpan balik dari guru BK dan peserta didik menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dan efektif dalam mengedukasi peserta didik tentang pentingnya komunikasi tatap muka dan pengendalian penggunaan smartphone. Dengan demikian, Media flash card “Phub_C” dapat menjadi media bimbingan konseling yang efektif dalam program layanan bimbingan konseling untuk mengatasi masalah phubbing di lingkungan sekolah.


Keywords


Phubbing; Flash Card; ADDIE; Phub_C

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Saggaf, Y. (2022). The psychology of phubbing. Springer.

Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Azwar, S (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aziza, O. M., & Yulia, C. (2022). Efektifitas Media Flashcard untuk Meningkatkan Pemahaman Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6003-6014.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of applied social psychology, 48(6), 304-316.

Muharis, R. D., & Yulia, C. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD DALAM MENIGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK. Research and Development Journal of Education, 8(2), 683-689.

Rijalul, Akbar. (2022). Flash Card Sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekan Kualitatif, Kuantitaf, dan RnD. Afabeta.

Yulia, C., Syahputra, Y. D., & Kartika, A. W. (2021). Gambaran Keefektifan Penggunaan Media Kartu dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Jurnal al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 63-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).