EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMKN 22 JAKARTA
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Perilaku remaja semakin meningkat, ditandai dengan peningkatan jumlah kasus dan ragam kekerasan yang dilakukan. Perilaku agresif tidak hanya disebabkan oleh peristiwa yang terjadi dalam suasana pribadi tetapi juga muncul dari bagaimana peristiwa tersebut dipersepsikan dan diproses secara mental. program instruksi kelompok tentang metode manajemen diri untuk mengurangi perilaku kekerasan pada siswa SMKN 22 Jakarta.penelitian ini menggunakan pendektanan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one group pre-test post-test. Subjek penelitian terdiri dari penelitian berjumlah 10 siswa yang memiliki perilaku agresif tinggi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji statistik parametrik, yaitu uji paired samples. Hasil uji paired samples juga diperkuat dengan selisih skor penurunan perilaku agresif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, ditemukan bahwa hipotesis diterima, yang menunjukan adanya penurunan perilaku agresif yang signifikan setelah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Skor pre-test sampel masuk dalam kategori tinggi, tetapi setelah menerima teknik self management, skor post-test subjek menurun menjadi kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik self management efektif dalam menurunkan perilaku agresif pada siswa SMKN 22 Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93. https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099
Dayakisni, T. Hudaniah. (2019). Psikologi Sosial. Malang. UMM Press.
Gunawan, I, M., Hartati, A., & Mulachela, F. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMKN 4 Mataram. Jurnal Paedagogy, 7(4), 385, https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2881
Hidayat, H., Yusri, Y., & Ilyas, A. (2015). Profil siswa Agresif Dan Peranan Guru BK. Konselor, Jurnal Ilmiah Konseling 4(4), 196. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1644/1578
Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28. https://doi.org/10.23916/08416011
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rani, N. S., Wayan. S. J., & Sri, M. (2022). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah Sma Negeri Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Pendidikan Bimbingan Konseling.
Rahman, A. A. (2020). Psikologi Sosial. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Setiyawan, D. (2017). Memprihatinkan Perilaku Remaja Semakin Nekat. Dari https://www.kpai.go.id/publikasi/memprihatinkan-perilaku-remaja-semakin-nekat-2
Santrock, J., W. (2012). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alphabet.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).