PERAN ACADEMIC SELF EFFICACY DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP ACADEMIC RESILIENCE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Marjanah Arifah Rifqoh Adilah(1), Anissa Rizky Andriany(2*), Nurmala Nasution(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Academic resilience menjadi salah satu faktor psikologis yang penting bagi siswa sekolah menengah pertama yang sedang berada pada periode perkembangan remaja awal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Academic Self efficacy dan Social Support dengan academic resilience siswa sekolah menegah pertama. Subyek penelitian ini adalah 281 siswa Sekolah Menengah Pertama di daerah Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling dan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur The Academic Resilience Scale (ARS-30) dengan 24 item, The Academic Self-Efficacy Scale (TASES) dengan 25 item, dan The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dengan 12 item. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Academic Self efficacy dan Social Support terhadap academic resilience pada siswa sekolah menegah pertama di Jakarta Barat.


Keywords


Academic Self Efficacy; Social Support; Academic Resilience

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aini, P. N. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Resiliensi Akademik Pada Remaja Smp Negeri Di Kecamatan Ngrambe. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(2), 38–45. https://doi.org/10.22460/quanta.v6i2.3040

Bandura, A. (1978). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Advances in Behaviour Research and Therapy, 1(4), 139–161. https://doi.org/10.1016/0146-6402(78)90002-4

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Darmayanti, K. K. H., Anggraini, E., Winata, E. Y., & Mardianto, M. F. F. (2021). Confirmatory Factor Analysis of the Academic Self-Efficacy Scale: An Indonesian Version. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 10(2), 118–132. https://doi.org/10.15408/jp3i.v10i2.19777

Dewi, K., Azmi, L., N., & Grasiawaty, N. (2020). Analisis Faktor Adaptasi Instrumen Resiliensi Akademik Versi Indonesia: Pendekatan Eksploratori dan Konfirmatori. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84–95. https://doi.org/10.21009/jppp.092.06

Faturrohmah, A., & Sagita, D. D. (2022). Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 167–178. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.188

Fauzana, S., Sudirman, & Yuhasnil. (2021). Hubungan Perilaku Negatif Siswa Dengan Prestasi Belajar PKN Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Pendahuluan. 1.

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541

Hasanah, N., Putri, Z. M., & Murni, D. (2024). Studi Cross Sectional : Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 12(1), 17–27.

Irawan, R., Renata, D., & Dachmiati, S. (2022). Resiliensi akademik siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 135–140. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8130

Li, & K.Y, L. (2012). … of the attitude, self-efficacy, effort and academic achievement of cityU students towards research methods and statistics. … . Hk/Download/RS/E-Journal/Journal8. Pdf (Accessed …, 1, 154–183. http://ssweb.cityu.edu.hk/download/RS/E-Journal/journal8.pdf

Linggi, G. G. A., Hindiarto, F., & Roswita, M. Y. (2021). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial, Dan Resiliensi Akademik Mahasiswa Perantau Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 14(2), 217–232. https://doi.org/10.35760/psi.2021.v14i2.5049

Murtiningrum, D., & Pedhu, Y. (2021). Resiliensi Akademik Siswa/Siswi Kelas Vii Dan Viii Sekolah Menengah Pertama Santo Andreas Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(2), 166–181.

Mutaqin, F. N., Nursanti, A., & Karimulloh, K. (2021). Relationship Between Academic Self-Efficacy and Academic Resilience of Students At Pmdg in Psychological and Islamic Perspectives. Conference on Islam And. http://103.142.62.229/index.php/iconie/article/view/241

Oktafiolita, A., & Wijiastuti, A. (2024). Literature Review: Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara Terkait Filosofi Pendidikan Dalam Sistem Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 333–354.

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika, 13(2), 138–147. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Puteri, I. A. W., & Syafrina, R. (2022). Hubungan antara Academic Self-Efficacy dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Guru PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 65–71. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti

Rahmadani, A., & Daulay, N. (2023). Analisis Faktor Penyebab Menurunnya Resiliensi Akademik Pada Siswa MTsN. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(2), 417–427. http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v13i2.7413

Reed, M., Maodzwa–Taruvinga, M., Ndofirepi, E. S., & Moosa, R. (2018). Insights gained from a comparison of South African and Canadian first-generation students: the impact of resilience and resourcefulness on higher education success. Compare, 49(6), 964–982. https://doi.org/10.1080/03057925.2018.1479185

Rifqoh, F. (2022). Resiliensi Akademik Pada Siswa Kelas VII dalam Mengikuti Pendidikan di Pesantren Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Sebaya. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers, 05(November), 51–56. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/ACoMT

Sarason, I. G., Levine, H. M., Basham, R. B., & Sarason, B. R. (1983). Assessing social support: The Social Support Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1), 127–139. https://doi.org/10.1037//0022-3514.44.1.127

Sari, L., Afifah, N., & Purna, R. S. (2022). Peran Self-Efficacy Akademik terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 217–225. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1526

Schunk. (1991). Self-efficacy and academic motivation. ????, 8(5), 55.

Sulistiani, W., Fajrianthi, F., & Kristiana, I. F. (2022). Validation of the Indonesian Version of the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS): A Rasch Model Approach. Jurnal Psikologi, 21(1), 89–103. https://doi.org/10.14710/jp.21.1.89-103

Zahro, A. F., & Wirastania, A. (2022). Efektivitas layanan informasi berbasis media animasi terhadap resiliensi akademik siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.26539/teraputik.61961

Zilvana, Z., & Nurwati, N. (2021). Pengaruh Keluarga Pada Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 173. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33764.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).