PENGARUH METODE QIRA’ATI DAN METODE TAHSIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMAN 11 MANDAU DURI
(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Qira'ati dan metode Tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas X di SMA Negeri 11 Mandau Duri. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, di mana dari 59 siswa hanya 14 siswa (23,7%) yang mampu membaca dengan baik, sementara 45 siswa lainnya mengalami kesulitan dalam aspek kelancaran, ketepatan makhorijul huruf, dan penerapan hukum tajwid. Kondisi ini mendorong pihak sekolah untuk mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang lebih terstruktur dan sistematis melalui metode Qira'ati dan Tahsin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 59 siswa, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pembelajaran dilaksanakan secara personal, di mana guru membimbing siswa satu per satu dengan fokus pada perbaikan kemampuan individual. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan membaca Al-Qur'an yang mencakup aspek kelancaran, ketepatan makhorijul huruf, dan penerapan hukum tajwid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kombinasi kedua metode ini memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Siswa mengalami perkembangan positif dalam kemampuan membaca dengan peningkatan konsistensi latihan dan kemampuan individual. Metode Qira'ati dengan fokus penggunaan panduan bertahap dan metode Tahsin yang menekankan perbaikan kualitas bacaan secara mendalam terbukti efektif meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca Al-Qur'an, khususnya dalam aspek kelancaran, ketepatan, dan pemahaman hukum-hukum tajwid.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aminulloh, A. (2023). Pengembangan Instrumen Supervisi Guru Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Nurul Fikri Depok (Doctoral dissertation, Universitas PTIQ Jakarta).
Creswell, J. W. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Fadilah, N. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Al-Qur‟ an, Studi Komparasi Implementasi Metode Tilawati dan Metode At-tartil Di Yayasan Himmatun Ayat Surabaya (Doctoral dissertation, Tesis pada UIN Sunan Ampel Surabaya).
Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.
Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.
Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023a). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).
Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023b). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.
Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023c). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.
Imaroh-Nim, N. U. R. (2008). Efektivitas Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Metode Qira'ati (Studi Kasus Di Pp Putri Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Maslikah, S. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 7(1).
Syahira, N. (2025). Strategi Ustaz Dalam Mengajarkan Baca Al-Qur’an Melalui Metode Tahsin di TPA Al-Hishnul Mubarok Desa Pakkasalo. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) e-ISSN 2721-9666, 6(2), 409-422.
Syam, R., Masri, S., & Nasir, M. (2025). Penerapan Metode Tahsin dan Tahfidz dalam Pembelajaran Al-Qur'an di SMP Putri Pondok Pesantren Tanwirus Sunnah. NineStars Education, 6(2), 181-193.
Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.23770
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















