PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN LITERASI FINANSIAL ANAK AKUR SUNDA WIWITAN
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Literasi finansial atau dikenal sebagai literasi keuangan merupakan keterampilan dasar dalam mengatur keuangan secara optimal. Pentingnya literasi keuangan telah diumumkan oleh berbagai organisasi maupun instansi. Di indonesia, target peningkatan literasi finansial meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini tidak sejalan dengan realitas di lapangan, khususnya daerah Cigugur. Daerah Cigugur, termasuk masyarakat Akur Sunda Wiwitan memiliki literasi rendah. Rendahnya literasi mereka dikarenakan kurangnya informasi, sosialisasi, dan faktor lainnya. Hal ini menjadi sebuah masalah apabila terus dibiarkan. Peran lingkungan keluarga dianggap dapat meminimalisir masalah ini. Dan cara lingkungan keluarga Akur Sunda Wiwitan dalam membentuk literasi finansial anak menjadi suatu fenomena yang baru. Dengan pendekatan kualitatif dan jenis etnografi, peneliti ingin mengkaji fenomena ini lebih mendalam. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari beberapa keluarga Akur Sunda Wiwitan. Pengumpulan informasi menggunakan wawancara. Data penelitian diuji keabsahan datanya melalui triangulasi data. Analisis data penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam pembentukan literasi finansial melalui lingkungan keluarga, dapat dibentuk melalui pendidikan finansial sejak dini, memberikan contoh teladan finansial yang baik, diskusi terbuka tentang keuangan, dan meneruskan nilai positif dari warisan budaya leluhur secara turun-menurun. Beberapa poin yang menarik dalam lingkungan keluarga Akur Sunda Wiwitan dalam membentuk literasi finansial anak yaitu kepercayaan, kelestarian lingkungan, gotong royong, sifat kebersamaan, sukarela, warisan seni dan budaya, hukum adat, dan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amadi, A. S. M., Suwarta, N., Sholikha, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419-1428.
Arsyil, M. A. A., & Fasa, M. I. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Perspektif Ekonomi Syariah. Journal of Law, Administration, and Social Science, 2(1), 13-21.
Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Sma Negeri 7 Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.
Fianto, F., Prismayani, R., Wijaya, N. I., Miftahussururi, M., Hanifah, N., Nento, M. N., ... & Adryansyah, N. (2017). Materi pendukung literasi finansial.
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Education and development, 10(1), 240-246.
Https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022/SP%20-%20SURVEI%20NASIONAL%20LITERASI%20DAN%20INKLUSI%20KEUANGAN%20TAHUN%202022.pdf
Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265-282.
Kartikaningsih, D., & Yusuf, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Labora). Jurnal Co Management, 3(1), 357-363.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta: Kemendikbud.
Lu, Z., Li, H., & Wu, J. (2024). Exploring the impact of financial literacy on predicting credit default among farmers: An analysis using a hybrid machine learning model. Borsa Istanbul Review.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. American Economic Journal: Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44.
Mustikaati, W., Fajrussalam, H., & Sanny, A. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Literasi Finansial untuk Anak di Lingkungan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Qiyam, 2(2), 149-155.
Nasution, S. (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Nursetiawati, S., Siregar, J. S., & Josua, D. P. (2023). Understanding adaptability in the family environment in facing COVID-19: A review. Heliyon.
Prabowo, A. A. (2021). Analisis Faktor-fakor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1125-1136.
Putri, A. R., & Asrori, A. (2018). Determinan Literasi Finansial Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 894-908.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.
Robledo-Ramón, P., & García-Sánchez, J. N. (2012). The family environment of students with learning disabilities and ADHD. Learning Disabilities. In: Dr Sittaprapaporn W (ed), 129-148.
Sundarasen, S., Rajagopalan, U., Kanapathy, M., & Kamaludin, K. (2023). Women's financial literacy: A bibliometric study on current research and future directions. Heliyon.
Santika, E. F. (2023). Indeks Literasi Keuangan Indonesia Naik pada 2023. Url: https://bit.ly/KatadataLK
Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 – 2025. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx
Sumiyati, S. (2017). Mengenal Pengelolaan Keuangan Sejak Usia Dini. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 6(1), 29-47.
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84-88.
Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan metode etnografi dalam penelitian sosial. DIMENSI-Journal of Sociology, 9(2).
Yang, J., Wu, Y., & Huang, B. (2023). Digital finance and financial literacy: Evidence from Chinese households. Journal of Banking & Finance, 156, 107005.
Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).