PENGEMBANGAN APLIKASI EDUPRIME DALAM PROJEK KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 9 PROBOLINGGO

Sandi Purwanto(1*), Heri Pratikto(2), Wening Patmi Rahayu(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, Indonesia
(3) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran yang kontekstual menjadi “jembatan” sekaligus jawaban bagi kebutuhan dan tantangan peserta didik di Abad ke-21 ini. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pembelajaran dilakukan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang mengedepankan kontekstualitas dan berbasis pada kebutuhan atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dialami peserta didik. Dalam pembelajaran projek tersebut khususnya tema Kewirausahaan dibutuhkan media pembelajaran yang aplikatif dan berbasis IT. Sehingga dilakukan penelitian dan pengembangan ini yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis IT yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk tema Kewirausahaan serta mengembangkan media pembelajaran yang berorientasi pada teori konstruktivis, pembelajaran kontekstual, dan kemampuan Abad ke-21. Adapun produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah aplikasi Eduprime berbasis android untuk digunakan oleh peserta didik dan guru (fasilitator) dalam pembelajaran projek Kewirausahaan. Aplikasi Eduprime ini terdiri dari 2 (dua) sub aplikasi yakni E-Learning dan E-Commerce. Sub aplikasi pertama adalah Ardira (Belajar Menjadi Wirausaha) sebagai E-Learning for Edupreneurship, sedangkan sub aplikasi kedua adalah Tulen Bro (Tuku Online Barang Ori) sebagai E-Commerce for Learning. Pada sub aplikasi Tulen Bro memiliki keunikan yakni menggunakan bahasa daerah (jawa/pendalungan) sebagai simbol kearifan lokal sekaligus untuk menarik minat peserta didik untuk belajar. Respon peserta didik pada saat uji coba produk dan respon guru pada saat diseminasi sangat antusias dan mendukung penggunaan aplikasi Eduprime dalam pembelajaran projek Kewirausahaan.

Keywords


Aplikasi Eduprime, E-Learning & E-Commerce, Kewirausahaan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Peserta Didik (Sekolah Menengah Pertama).

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).