IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN DALAM TOPIK PEMASARAN BATIK SPERO
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (projek profil) merupakan projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Projek profil sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi projek profil tema Kewirausahaan dalam topik Pemasaran Batik Spero pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2022/2023 beserta analisis permasalahan dan solusinya. Penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pada tahun pertama implementasi projek profil tema Kewirausahaan sebagai pertimbangan untuk menyusun perencanaan pada projek profil tahun berikutnya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian studi kasus pada implementasi projek profil, Subyek penelitian ini adalah 209 peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, dan wawancara pada peserta didik dan fasilitator (pendidik). Hasil penelitian studi kasus ini dapat dideskripsikan bahwa pada projek profil tema Kewirausahaan mampu mendorong peserta didik mencapai kompetensi profil Pelajar Pancasila pada dimensi mandiri, bergotong-royong, dan kreatif. Projek profil tema Kewirausahaan ini telah membekali peserta didik dengan keterampilan berwirausaha mulai dari cara pengemasan produk, pembuatan poster promosi dan pemasaran di media sosial, dan pameran produk Batik Spero. Keterampilan berwirausaha ini dalam tema Kewirausahaan ini melengkapi keterampilan yang telah didapatkan peserta didik pada tema sebelumnya yakni keterampilan membuat produk Batik Spero (Tema Kearifan Lokal) dan keterampilan membuat produk ramah lingkungan (Gaya Hidup Berkelanjutan). Berdasarkan hasil evaluasi maka permasalahan utama dalam implementasi projek profil ini adalah belum tersusunnya modul projek sehingga peran fasilitator dalam mendampingi peserta didik kurang optimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bogdan, Robert C. & Steven J. Taylor. (1992). Introduction to Qualitative Research Methotds : A Phenomenological Approach In The Social Sciences, alih Bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons. Surabaya : Usaha Nasional.
Darmawan, I., et al. (2021). The Development Of The Entrepreneurship Learning Design Based On Caring Economics To Enhance Spirit Of Entrepreneurship And Entrepreneurial Intentions. Humanities and Social Sciences Letters, 2021 Vol. 9, No. 1, pp. 1-13
De Carolis DM, & Saparito P. (2006). Social capital, cognition, and entrepreneurial opportunities: a theoretical framework. Entrepreneurship Theory and Practice. 30(1):41–56.
Dell, M. S. (2008). An investigation of undergraduate student self-employment intention and the impact of entrepreneurship education and previous entrepreneurial experience. Doctoral Thesis. Doctor of Philosophy, School of Business University The Australia.
Dohse, D., & Walter, S. G. (2010). The role of entrepreneurship education and regional context in forming entrepreneurial intentions. Working Paper Present at Document De Treball de l?IEB, No 2010, 18, IEB, Barcelona
Johnson, B., & Wubbenhorst, W., & Schroeder, C. (2013). Recidivism reduction and return on investment: An empirical assessment of the Prison Entrepreneurship Program. Waco, TX: Baylor Institute for Studies of Religion Special Report.
Kepmendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kirby, Julia. (2005). Toward A Theory Of High Performance, Harvard Business Review 83(7):30-9, 190, July 2005
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Nurhayati, P., Emilzoli, M., Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm Vol. 6, No. 5, October 2022, Hal. 3602-3612
Piperopoulos P, & Dimov D. (2015). Burst Bubbles Or Build Steam? Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Self-Efficacy, And Entrepreneurial Intentions. Journal of Small Business Management. 2015; 53(4):970–985.
Purwanto, S. (2022). Batik Spero sebagai Kearifan Lokal dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Projek Profil) di SMP Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru. Vol. 8 No. 3, Juli 2022.
Reber, A. S. (1976). Implicit Learning Of Synthetic Languages: The Role Of Instructional Set, Journal of Experimental Psychology: Human Learning and Memory, Vol. 2, pp. 88–94.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K.S., et al. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Strauss, Anselm & Yuliet Corbin. (2007). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yin, Robert K. (2000). Case Study Research: Design and Methods (Edisi Terjemahan M. Djauzi Mudzakir). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).