IMPLEMENTASI PERMAINAN LOMPAT TALI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI PAUD BINA KASIH DESA MEKAR JAYA KECAMATAN BUNGURAN BARAT

Maulida Maulida(1*), Endang Lestari(2), Siti Aisyah(3)

(1) 
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah buat melihat bagaimana penerapan permainan lompat tali tradisional dapat memengaruhi perkembangan motorik pada anak usia dini dan mengetahui peran guru dalam pelaksanaan permainan lompat tali serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Dalam konteks pelaksanaan permainan lompat tali, implementasi permainan tradisional ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik anak usia dini di PAUD Bina Kasih yang terletak di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat. Permainan tradisional memiliki unsur pendidikan yang signifikan dalam mendorong perkembangan dan keterampilan anak. Salah satu permainan yang bisa kembangkan kemampuan motorik anak ialah lompat tali, yang berperan dalam meningkatkan aspek keseimbangan, ketangkasan, kekuatan otot, kecerdasan, dan keberanian. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus serta bersifat deskriptif atau deskriptif terhadap fenomena yang terjadi. Dalam  studi kasus, peneliti  mendokumentasikan dan menganalisis secara menyeluruh suatu kasus atau situasi tertentu, seperti pelaksanaan permainan tradisional lompat tali di PAUD Bina Kasih desa Mekar Jaya. Hasil penelitian  memperlihatkan jika penerapan permainan tradisional lompat tali dalam pengembangan motorik  anak usia dini di PAUD Bina Kasih Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat menunjukkan hasil yang baik. Lompat tali berkontribusi secara positif pada perkembangan motorik anak, dengan permainan ini anda dapat melatih ketelitian, keseimbangan dan  motorik kasar lainnya. karena lompat tali dengan posisi tinggi juga melatih gerakan anak yang amat berguna buat membangun otot yang kuat. Dengan memakai permainan tradisional ini bisa tingkatkan motorik kasar, anak dapat mengembangkan motoriknya secara maksimal.


Keywords


Perkembangan Motorik Kasar; Permainan Tradisional; Lompat Tali

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, A., & Halim, F. (2021). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Di Tkm-Lina Bireuen. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(5), 496–503. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/549

Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Istiqomah, H., Suyadi, S., Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., Indrayogi, I., Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., Suroto, S., Christianti, M., Kemampuan, M., Halus, M., & Tk, A. (2019). Peran Pendidik Paud Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Tanpa Perbedaan Gender. El Midad, 11(2), 1–9. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319834/penelitian/11. peran pendidik paud dalam mengoptimalkan perkembangan motorik anak usia dini. pdf

Juliandra, B. K. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Kasar melalui Permainan Bola Keranjang bagi Anak Usia Dini di TK PGRI Prayungan Sawoo Ponorogo. 01(02), 83–94.

Khotimah, N. (2017). studi kasus penggunaan permainan lompat tali sebagai stimulasi motorik kasar anak kelompok B di TK hang tuah 3 surabaya. universitas negeri surabaya.

Nurhasanah, R. (2021). Penerapan Permainan Lompat Karet Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Kelompok B Di Ra Asiah Pekanbaru. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/6492

Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, & Putera, R. F. (2018). pengaruh permanan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun The Influence of Traditional Game Jump Rope Towards Gross Motor Skill Development In Children Aged 5-6 Years Old. Jurnal Ilmialh Pesona PAUD, 8(1), 46–55. http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce

Rahmadi, I. (2018). perbandingan permainan tradisional dengan permainan modern terhadap keterampilan anak usia sekolah dasar di sdn 1 rakam tahun ajaran 2017/2018.

Romiyati. (2021). Motorik Kasar Anak Pada Kelompok B1 Di Tk the Effect of Jumping Rope Game on Children ’ S Gross Motor Skills in Group B1 At Kencana Kindergarten , Bolano Lambunu District , Parigi. Universitas Tadulako.

Saputri, adek diah. (2020). implementasi permainan tradisional gobag sodor dalam mengembangkan motorik kasar anak usia di di TK pertiwi 2 sidodadi kecamatan pekalongan kabupaten lampung timur. fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan (FTIKA).

Susanti, L., Nurtiani, A. T., & Zamana, M. (2021). Analisis Penggunaan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Karakter Religius Pada Anak Kelompok B TK Cut Meutia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/309/146

Susanti, Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 80–89.

Tahira, A., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 21–30. https://doi.org/10.32534/jjb.v9i2.2731.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).