ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP NURUL HADINA PATUMBAK
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Nurul Hadina Patumbak. Jenis metode penelitian yang dipilih pendekatan kualitatif analisis deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru PAI SMP Nurul Hadina Patumbak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Nurul Hadina dalam wawasan atau landasan kependidikan, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dikategorikan sangat baik. Sedangkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Nurul Hadina dalam pemahaman terhadap peserta didik, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik dikategorikan baik. Selanjutnya adapun faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Nurul Hadina Patumbak ialah faktor pengalaman, pendidikan, pelatihan, usia, fasilitas, dan supervisi. Sesungguhnya guru-guru di SMP Nurul Hadina Patumbak terkhusus guru mata pelajaran PAI telah memahami kompetensi pedagogiknya dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.
Akmalia, R., Siahaan, A., & Mesiono, M. (2020). the Effect of Individual, Group and Team Work Behavior Toward Teacher Performance in Sman 3 Medan. Jurnal Tarbiyah, 27(1), 50–71. https://doi.org/10.30829/tar.v27i1.681
Ariani, P. (2017). Peningkatan Keterampilan Guru Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan 5 M. Andragogi, 5(2).
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif,cet. kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Fadla, S. L., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 27–36. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/14
Haryati, M. (2010). Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Khairlina, N. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Medan Kriokabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara.
Khairuddin. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Kosim, A., & Subhi, M. R. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madaniyah, 6(1), 124–142. Retrieved from https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/97
Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam (2020), 3.
Lubis, R. N. (2019). Implementation Of Personality Competence Of Islamic Religious Education Teachers In The Integrated Islamic Elementary School Syarif Ar-Rasyid Islamic School Medan Academic Year 2017/2018. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135–145. https://doi.org/https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5862
Masruroh, M., Mansur, R., & Wiyono, D. F. (2022). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 03 Jabung Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(1), 83–94.
Miles, M.B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.
Naziroh. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sdn 2 Kota Karang Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Nurcholiq, M. (2018). Supervisi klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62
Nurhidayati, T. (2015). Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 23–56. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.23-56
Nurmayuli. (2020). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru.” Al-Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama, 5(1).
RI, P. UU No. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. , Pub. L. No. UU No. 14 Tahun 2005 (2005).
Safitri, M. (2020). Implementasi Kurikulum (Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam: Tantangan Dan Upaya). ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1009
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet.
Warman, B. (2016). The Effect of Teachers Professional Competence and Learning Motivation on Accounting Students Learning Outcomes at Vocational High School I of Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 31–45.
Wiguna, S., Febriyanni, R., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP di MAS Al-Ikhwan Serapuh. Transformatif, 5(2), 211–222. https://doi.org/10.23971/tf.v5i2.3301
Zuliamiranti, W. N., & Fauziah, R. S. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Interaksi Belajar Mengajar. Tadbir Muwahhid, 1(1), 81. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i1.842.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).