HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI DI JAKARTA SELATAN
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1), 13–22.
Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Depdiknas. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud., 1(2), 56. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Erisanti, L., & Amalia, D. (2023). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial IMPLEMENTASI COMMUNITY RELATIONS SEBAGAI STRATEGI CSR PT PETROKIMIA GRESIK 1. 10(2), 561–571. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Fajrin, L. (2019). Sublim : Jurna Pendidikan. 3, 18–32.
Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan Karakter Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357–6366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727
Helensu, H., & Putrie, C. A. R. (2022). Hubungan Pengawasan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Paud Ami Amsayu Kalideres Jakarta Barat. Research and Development Journal of Education, 8(1), 160. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11176
Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128
Parnawi, A. (2020). Motivasi Belajar Siswa Pada Tatanan. XVII(2).
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Septian, N., & Wibisono, A. (2021). Review Faktor Pembentuk Perilaku Belajar Siswa Generasi Z Dalam Ruang Kelas. Research and Development Journal of Education, 7(2), 316. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.9434
Siyoto, S., & M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90
Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma Konstruktivis. Metodologi Penelitian, October, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22652
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).