HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI DI JAKARTA SELATAN

Titin Suhartini(1), Nurrohmatul Amaliyah(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran bagi siswa pada mata pelajaran IPS khususnya siswa kelas IV SD Negeri Manggarai 05 Jakarta Selatan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dengan data tentang variabel motivasi belajar diperoleh melalui angket, data tentang variabel keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh melalui tes langsung kepada responden, sedangkan data tentang prestasi belajar IPS diperoleh melalui dokumen sekolah, yaitu nilai rapot semester I tahun pelajaran 2021/2022. Hasil pengujian hipotesis analisis regresi berganda memberikan bukti mengenai hal ini. Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri di Jakarta Selatan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar, dan terdapat hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri di Jakarta Selatan. Temuan ini didukung oleh data.

 


Keywords


Motivasi Belajar; Keterampilan Berpikir Tingkat Tingi; Prestasi Belajar; IPS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1), 13–22.

Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.

Depdiknas. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud., 1(2), 56. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Erisanti, L., & Amalia, D. (2023). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial IMPLEMENTASI COMMUNITY RELATIONS SEBAGAI STRATEGI CSR PT PETROKIMIA GRESIK 1. 10(2), 561–571. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Fajrin, L. (2019). Sublim : Jurna Pendidikan. 3, 18–32.

Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan Karakter Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357–6366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727

Helensu, H., & Putrie, C. A. R. (2022). Hubungan Pengawasan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Paud Ami Amsayu Kalideres Jakarta Barat. Research and Development Journal of Education, 8(1), 160. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11176

Hermanto, H., Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019

Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128

Parnawi, A. (2020). Motivasi Belajar Siswa Pada Tatanan. XVII(2).

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Septian, N., & Wibisono, A. (2021). Review Faktor Pembentuk Perilaku Belajar Siswa Generasi Z Dalam Ruang Kelas. Research and Development Journal of Education, 7(2), 316. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.9434

Siyoto, S., & M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90

Umanailo, M. C. B. (2019). Paradigma Konstruktivis. Metodologi Penelitian, October, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).