KAKAWIHAN KAULINAN BARUDAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Resa Respati(1*), Anggit Merliana(2), Siti Harumatus Afiffah(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan tidak hanya menitikberatkan pada pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga berpengaruh pada perubahan sikap anak. Dewasa ini, nilai-nilai karakter pada anak semakin luntur karena dampak kemajuan teknologi, globalisasi, dan pengaruh budaya asing yang cepat. Anak-anak belum sepenuhnya mampu memfilter informasi teknologi, sehingga pengaruh budaya asing dapat dengan mudah merusak tatanan nilai-nilai karakter tersebut. Upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter dapat dilakukan melalui media kakawihan kaulinan barudak. Kajian ini bertujuan menganalisis nilai-nilai karakter yang terdapat pada syair kakawihan kaulinan barudak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Sumber data diperoleh dengan melakukan pengkajian dokumen secara langsung pada syair-syair kakawihan kaulinan barudak. Analisis data melibatkan proses sistematik dan objektif dalam mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan memberikan interpretasi pada informasi yang terdapat dalam dokumen. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan teknik Intercoder dan intracoder. Hasil penelitian menunjukan bahwa kakawihan merupakan salah satu warisan budaya Sunda yang biasa didendangkan pada permainan anak. Dalam kakawihan terdapat suatu pesan yang disampaikan yaitu nilai-nilai karakter, hal ini dapat membentuk karakter atau jati diri anak sebagai generasi penerus bangsa.


Keywords


Pendidikan Karakter; Kakawihan Kaulinan Barudak; Nilai karakter

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asfar, U. M. (2019). Analisis Naratif, Analisis Konten, dan Analisis Semiotik (Penelitian Kualitatif). researchgate.net/publication/330337822. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21963.41767

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dewantara, K. H. (1967). Kebudayaan. Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman-Siswa.

Fuadah, U. S., Respati, R., & Halimah, M. (2017). Bahan Ajar Musik Ansambel untuk Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 20. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7493

Gloriani, Y. (2013). Kajian Nilai-Nilai Sosial Dan Budaya Pada Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Multikultural. Lokabasa, 4(2). https://doi.org/10.17509/jlb.v4i2.3147

Hamidayati, H., & Hidayat, S. (2020). Pendidikan Karakter; Fenomena Perilaku Mencontek pada Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 175–185. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25403

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59.

Kosasih, A. (2007). Kakawihan Barudak Sunda. Bandung: Universitas Padjajaran.

Latif, Y. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan. Jakarta: Gramedia.

Mayakania, N. D. (2013). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun di Komunitas ‘Hongâ€TM Bandung. Panggung, 23(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v23i4.156

Nurihsan, A. J. (2016). Membangun Peradaban. Bandung: Refika Aditama.

Nurmeta, I. K. (2021). ANALISIS LAGU CINGCANGKELING Journal of Business Theory and Practice, 10(2), 6. http://www.theseus.fi/handle/10024/341553%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1958%0Ahttp://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4816%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/23790/17211077 Tarita Syavira Alicia.pdf?

Respati, Sukmayadi, M. (2023). Development of Students’ Musical Potency in Music Learning: What Do Primary School Teachers Perceive?. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Jurnal Kependidikan: 9(4), 1243–1253.

Sadulloh, U. (2017). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Septian. (2022). Analisis etika melalui lagu kaulinan barudak pada pendidikan karakter di masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 7(2), 187–196. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/17781%0Ahttps://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/download/17781/9768

Setiadi, E.M dan Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Prenada Media Group

Setiowati, S. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 172. https://doi.org/10.34050/jib.v8i1.9980

Suwartini, S. ((2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234.

Syahira Azima, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).