PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tidak dapat dipungkiri kemandirian belajar matematika merupakan perihal yang esensial untuk mempelajari matematika. Menjadikan siswa terlatih rasa tanggung jawab dan tidak mengandalkan orang lain. Selain itu rasa kepercayaan diri dan keyakinan diri siswa atas kemampuannya menjadi meningkat sehingga siwa mudah untuk menerima, merespon dan memahami materi pembelajaran matematika dengan baik. Sesuatu aspek membuat kemandirian belajar berpengaruh yaitu Self Efficacy. Jika siswa mempunyai keteguhan yang kuat maka siswa tersebut selalu berusaha untuk mempelajari materi pembelajaran tanpa menyerah bila menemukan materi sulit atau soal latihan yang sukar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa. Riset ini menggunakan kuantitatif metode survei. Kegiatan riset dilaksanakan di SMK Karya Bahana Mandiri 2 Kota Bekasi selama 4 bulan yaitu Oktober 2023-Januari 2024. Populasi berjumlah 74 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Sistematika pengumpulan data dengan pengobservasian dan kuesioner. Merujuk dari hasil yang didapatkan dari angka uji hipotesis yaitu nilai (t hitung) = 3,938 > (t tabel) = 1,993 artinya disimpulkan terdapat pengaruh Self Efficacy terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andriana, I. & Leonard. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 539-548. Jakarta: Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI.
Apriliani, I. Witurachmi, S. & Hamidi, N. (2017). Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(2).134-149. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/
Heryani, R. D. et. all. (2023). Pengaruh Self Efficacy dan Literasi Technopreneurship Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unindra. Research and Development Journal Of Education, 9(1). 188-197. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15052
Indriyani, N. Santoso, S. Sangka, K.B. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/59072
Laili, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Matematika. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2(2). 98-103. Retrieved from https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.35
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).