HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANALISIS KURIKULUM DAN MENDESAIN PEMBELAJARAN DI SMA LUBUK PAKAM
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Untuk mengetahui seberapa besar hubungan kapasitas seorang guru PAI dalam analisis kurikulum dalam menciptakan pembelajaran dengan sampel sebanyak 20 peserta dari populasi 20 orang pengajar Pendidikan Agama Islam menjadi tujuan penelitian ini. Kuesioner skala Likert berfungsi sebagai alat penelitian. Setelah itu digunakan metode analisis korelasi product moment dasar untuk mengolahnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara desain pembelajaran PAI dengan kapasitas pengajar PAI dalam mengkaji kurikulum. Nilai korelasi sebesar 0,772 menunjukkan hal tersebut. Dengan demikian, derajat korelasi kapasitas guru PAI dalam mengevaluasi kurikulum dengan desain pembelajaran dalam penelitian ini adalah sebesar 62%; persentase sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam analisis. Penelitian ini berimplikasi pada upaya peningkatan kapasitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menganalisis kurikulum. Hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan pelatihan yang materi pelajarannya dikaitkan dengan kajian permasalahan yang dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam mengajar, sehingga pengetahuan keilmuan pendidikan mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih bermakna terhadap upaya peningkatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdul, H. N., Warsah, I., & Ifnaldi. (2022). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Daerah Tertinggal (Studi Kasus SMPN Napallicin Kec. Ulu Rawas Kab. Musi Rawas Utara). Institut Agama Islam Negeri Curup.
Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Self-Efficacy, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 437–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i3.4091
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293–303. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17969/rtp.v%25vi%25i.12197
Baehaqi, M. L., & Murdiono, M. (2020). Strengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School (MBS) Muhiba Yogyakarta. Dinamika Ilmu, 20(1), 63–82. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.1671
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 56–67. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fadla, S. L., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 27–36. https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/14
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagi mahasiswa pendidikan seni. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v1i1.849
Hadisi, L., Astina, W. O., & Wampika, W. (2017). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap daya Serap Siswa Di SMK Negeri 3 Kendari. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2), 180–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i2.629
Kristiawan, M. (2019). Analisis pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Upp Fkip Univ. Bengkulu.
Mahrus. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292
Permendiknas No.55 Tahun 2017 tentang Tentang Standar Pendidikan Guru, Pub. L. No. No.55 Tahun 2017 tentang Tentang Standar Pendidikan Guru (2017). https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2017/12/10/permen-ristekdikti-no-55-tahun-2017-tentang-standar-pendidikan-guru/
Rawi, H. W., Salsabila, A., Ainun, N., Harahap, N., Akmalia, R., Lubis, S. P., & Rachman, S. (2023). Peralihan Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Sma Melalui Inovasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5969–5976. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.16093
Safitri, M. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TANTANGAN DAN UPAYA). ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1009
Siahaan, A., Supardi, S., Wardani, W., Fauzi, Z. A., Hasibuan, P. M., & Akmalia, R. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 9189–9196. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1723
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Zakariyah, Arif, M., & Faidah, N. (2022). Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Abad 21. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.964.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).