PENGARUH STRATEGI ASKAR KAUNY QUANTUM MEMORY DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIZHUL QUR’AN KELAS VIII SMPS IT MUTIARA DURI

Addurun Nafis Harahap(1*), Ali Imran Sinaga(2), Zaini Dahlan(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode Askar Kauny Quantum Memory terhadap hasil belajar siswa yang bermotivasi tinggi dalam Tahfizhul Qur’an, serta hubungan motivasi belajar dengan strategi Askar Kauny Quantum Memory. Siswa yang penuh energi dan semangat dapat memperoleh manfaat dari kombinasi Strategi Memori Kuantum Askar Kauny, Motivasi Belajar, dan Tahfizhul Qur'an. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2 yang merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen kuantitatif. Kelas eksperimen adalah Kelas VIII Amanah, sedangkan kelas kontrol adalah Kelas VIII Ihsan. Seluruh siswa kelas VIII dijadikan populasi dengan cara cluster random sampling. Hasil penggunaan metode Memori Kuantum Askar Kauny bervariasi pada siswa dengan tingkat motivasi intrinsik tinggi, sedang, dan rendah, menurut penelitian. Siswa yang diajar menggunakan metode KQM dan metodologi Talaqqi mempunyai hasil belajar yang berbeda. Selain itu, terdapat hubungan antara motivasi dan Strategi Quantum Memory Askar Kauny terhadap hasil belajar siswa Tahfizhul Qur'an.


Keywords


Strategi Pembelajaran; Askar Kauny; Quantum Memory; Motivasi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174

Al-Hadi, A. (2018). Kata-Kata yang Baik dalam Penjelasan Tafsir yang Maha Pengasih.

Artati, Mutiawati, Y., Yusliani, H., & Mardhatillah. (2022). Strategi Pembelajaran Tahfiz dengan Menggunakan Metode Kauny Quantum Memori di SDIT Hafizul Ilmi. In Seminar Nasional Pendidikan, Teknologi, Dan Kesehatan (TEKAD), 310–324.

Baduwailan, A. (2016). Menjadi Hafizh: Tips Motivasi dan Menghafal Al-Qur?an. Solo: PT Aqwam Media Profetika.

Fauziah, A. A. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. The Elementary Journal, 1(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.56404/tej.v1i1.47

Heriwibowo, Bobby. (2014a). Kauny Quantum Menghafal Semudah Tersenyum, Cetakan Pertama. Sukaharjo: Cv Farhisma Indonesia.

Heriwibowo, Bobby. (2014b). seri Materi KQM. Jakarta: Mizan Publika.

Heriwibowo, Booby. (2014). Teknik Quantum Rasulullah Fun dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta Selatan: Mizan Publika.

Kurniawati, A., Muthoifin, M. A., & Rosyadi, I. (2021). Implementasi Program Tahfidzul Qur’an dengan Metode Tabarak dan Metode Zahrawain untuk Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahdali, F. (2020). Analisis kemampuan membaca Al-qur’an dalam perspektif sosiologi pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Malikah, S. Y. (2019). Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tabarak Di Ma’had Tahfidzul Qur’an Balita Dan Anak Ar-Raihaan Sumbersari Jember Tahun 2019. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Ningsih, R. S., Ismail, F., & Fauzi, M. (2019). Penerapan Metode Kauny Quantum Memori Dalam Meningkatkan Hafalan Potongan Ayat Al-Qur’an Pada Materi Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA Al-Fatah Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 197–208. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3244

Rahmatullah, M., Wisudaningsih, E. T., & Badruddin, M. F. (2022). Manajemen program tahfidz menggunakan metode ummi di MA Plus Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2846–2850. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5939

Sintia, D., & Yunita, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menghafal Alquran Melalui Metode Kauny Quantum Memory di Yayasan Sulifah Islamic Education Lubuk Linggau (Studi Living Quran). AL-HUDA: Journal of Qur’anic Studies, 1(1), 79–96.

Suhendar, A. (2021). Implementasi Metode Kauny Quantum Memory (KQM) dalam Menghafal Al-Qur’an Santri Mahad Askar Kauny Hanidah Maryam Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Wahid, W. A. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur?an (7th ed.). Yogyakarta: DIVA Press.

Yanti, N. (2022). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahsin Siswa Kelas Vi. B Di Sekolah Dasar Swasta (Sds) Alam Duri. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 39–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).