MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DI SMKS MERAH PUTIH

Chientya Annisa Rahman Putrie(1*), Ikhwan Ikhwan(2), Eeng Ahmad(3), Disman Disman(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengujian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan pembelajaran siswa pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya pada materi peluang usaha bernilai bisnis dengan melaksanakan model pembelajaran pembelajaran rotating trio exchange di SMKS Merah Putih Bekasi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek pengujian ini adalah siswa kelas X SMKS Merah Putih yang berjumlah 33 siswa. Sumber informasi berasal dari mahasiswa. Prosedur pengumpulan informasi yang digunakan adalah a) persepsi, b) wawancara, c) dokumentasi, d) tes. Keabsahan informasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik ujiannya meliputi empat tahap, yaitu a) penyusunan, b) kegiatan, c) persepsi, d) refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar persepsi pengalaman berkembang, catatan lapangan, pertemuan, dokumentasi, dan soal tes. Hasil pengujian di SMKS Merah Putih menunjukkan bahwa pemanfaatan pembelajaran rotating trio exchange telah berhasil dalam mengembangkan lebih lanjut hasil belajar bisnis siswa kelas X di SMKS Merah Putih Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan perolehan nilai normal siswa dari 76,6 pada siklus I menjadi 88,93 pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar giat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran turning triplet trade (RTE).


Keywords


Rotating Trio Exchange; Hasil Belajar; Mata Pelajaran; Kewirausahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Ningsih, S. C. (2017). Pelatihan Penyusunan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru SMP. Pendidikan Matematika, FKIP Universitas PGRI Yogyakarta, 1–5.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752

Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Lu’luilmaknun, U., & Kurniawan, E. (2022). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 309–316. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.303

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Siti Nurrahmah. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DI KELAS IX-8 MTsN 2 KOTA BIMA. KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i1.328

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Yahya, A., & Wahidah Bakri, N. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 69–79. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).