ANALISIS LINGKUNGAN SOSIAL DAN EKONOMI KELUARGA ANAK PUTUS SEKOLAH KASUS WARGA HARAPAN JAYA CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Wa Ode Farianti(1), Lindiawatie Lindiawatie(2*), Hamzah Robbani(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bermaksud mengkaji akar masalah penyebab anak putus sekolah yang terjadi pada warga di Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dari aspek lingkungan sosial dan ekonomi keluarga. Untuk mengkaji lebih dalam digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dengan melakukan observasi pada warga yang memiliki anak putus sekolah, wawancara terstruktur dan dokumentasi lapangan keadaan lingkungan sosial dan ekonomi warga yang memiliki anak putus sekolah. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lingkungan sosial yang terdiri atas lingkungan keluarga, pertemanan di rumah dan lingkungan sekolah yang tidak kondusif dan tidak nyaman bagi anak serta keadaan ekonomi orang tua yang tidak mendukung kebutuhan anak sekolah menjadikan anak kurang termotivasi untuk sekolah. Akibatnya anak menjadi putus sekolah. Dari ketiga lingkungan sosial tersebut, lingkungan keluarga memberikan andil yang cukup besar dalam menurunkan motivasi anak bersekolah sehingga anak pun jadi putus sekolah. Lingkungan keluarga kurang mendukung anak untuk sekolah akibat rendahnya pendidikan orang tua mereka yang hanya tamatan SD ditambah dengan penghasilan orang tua mereka yang juga rendah karena pekerjaannya yang tidak menentu. Saran atas temuan ini adalah perlu tindakan proaktif dari pihak sekolah, para guru dan pemerintah daerah dalam menyikapi masalah tersebut dalam rangka mendukung program mencerdaskan anak bangsa agar tidak ada lagi kasus anak putus sekolah terulang kembali.


Keywords


Pendidikan; Lingkungan Sosial; Ekonomi Keluarga; Anak Putus Sekolah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, N., et al. (2017). Parental Involvement in Learning Environment, Social Interaction, Communication, and Support Towards Children Excellent at School. Journal of Sustainable Development Education and Research, JSDER Vol. 1, No.1, 83-90.

Assa, R., Kawung, E. J., & Lumintang, J. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, Vol 2, No 1, 1-12.

BPS. (2021). Kecamatan Cibinong dalam Angka 2021. Cibinong, Bogor: BPS.

Cahyaningtyas, et al. (2016). Pembangunan Ketahanan Keluarga. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA).

Dulkiah, M., & Sarbini. (2020). Sosiologi Pendidikan. Bandung: LP2M Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Handayani, R., et al. (2021). The Role of Family Education in Forming the Independent Character of Students in Elementary School. International Journal of Elementary Education Volume 5, Number 2, 291-297.

Harahap, R. S., & Toni. (2023). Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying di Sekolah SMKS (X) Rantauprapat Ditinjau dari Peraturan Kemendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Research and Development Journal Of Education Vol 9, No 1, 357 – 364.

Haryani, D. (2021). Parental Income, Socio-Cultural, and Living Environment as Factors Causing Children to Drop Out of Middle School in Rengat Barat District. Journal of Educational Sciences Vol. 6 No. 1, 56-65.

Katadata. (2022). Jumlah Anak Putus Sekolah, dari Aceh sampai Papua. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/: https://databoks.katadata.co.id/

Kurniawan, et al. (2022). Problematika Anak Tidak Sekolah (ATS) Sebagai Faktor Pemicu Kemiskinan Ekstrim dan Stunting. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 3, No 2, 70 - 76.

Li, Z., & Qiu, z. (2018). How does Family Background Affect Children’s Educational Achievement? Evidence from Contemporary China. The Journal of Chinese Sociology 5:13, 1-21.

Nurmalinda, Suntoro, & Nurmalisa. (2017). Pengaruh Tingkat Ekonomi Keluarga dan Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak terhadap Angka Putus sekolah. Jurnal Kultur Demokrasi, Volume 5 No 7.

Nuruddin. (2019). Sosiologi Pendidikan, Pendidikan, Budaya dan Kepribadian. Mataram: CV Elhikam Press.

Risnawati. (2019). Skripsi Lingkungan Sosial Mengakibatkan Aanak Putus Sekolah di Desa Bahonsuai Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Palu, Sulawei Tengah: FKIP Universitas Tadulako.

Serli, Nurmalisa, Y., & Yanzi, H. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Ekonomi terhadap Angka Putus Sekolah di Desa Wiralaga Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji. Jurnal Kultur Demokrasi, Vol 5,No 12.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers PT RajaGrafindo Persada.

Tanaka, A. (2022). Pendidikan sebagai kapital. In Awaru, O.T., et al Sosiologi Pendidkan (pp. 179-188). Bima: Yayasan Hamijah Diha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).