PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI

Dewi Teti Setiawati(1*), Siti Halimah(2), Yusnaili Budiyanti(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk model pembelajaran project based learning, minat belajar terhadap hasil belajar. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Kecamatan Serbalawan, sampael penelitian 60 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: 1) angket; 2) tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan menggunakan metode korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut: 1) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara model pembelajaran berbasis proyek dan hasil belajar PAI siswa. 2) Minat belajar siswa memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar PAI. Dan 3) Terdapat hubungan positif antara model pembelajaran berbasis proyek dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI.

 


Keywords


Hasil Belajar; Minat Belajar; Pembelajaran; Project Based Learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Fatmawati, N. R. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sumayyah Di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Naskah Artikel Publikas, 18.

Juwanti, A. E., Salsabila, U. H., Putri, C. J., Nurany, A. L. D., & Cholifah, F. N. (2020). PROJECT-BASED Learning (Pjbl) Untuk Pai Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.752

Riduwan, Kuncoro, A. E. (2008). Cara Menggunakan dan Meamakai Analisis jalur. Bandung: Alfabeta

Rina, Herna, & Nur Fahri Tadjuddin. (2021). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Aktivitas Belajar Sebagai Variabel Intervening. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i1.648

Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Negeri 7 Kota Tangerang. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.21144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).