INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI REMAJA DI LINGKUNGAN KELUARGA

Elvi Sukriyah(1*), Sapri Sapri(2), Makmur Syukri(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami metode dan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, fokus pada pemahaman realitas sosial secara utuh, kompleks, dinamis, dan interaktif dengan mempertimbangkan keadaan objek yang alamiah. Data yang diperoleh melibatkan kata-kata, kalimat, diagram, atau gambar. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial religius remaja di Desa Lae bersih cenderung baik dikarenakan anak-anak remaja masih banyak yang peduli dan berkontribusi pada kegiatan sosial keagamaan sehingga dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antar warga. Metode yang dilakukan dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam ialah metode nasehat, keteladanan, pembiasaaan, diskusi dan pemberian targhib dan tarhib agar anak remaja di Desa Lae Bersih dapat semakin baik akhlaknya. Dalam proses internalisi nilai-nilai pendidikan agama Islam terdapat 3 tahapan yaitu tahapan transformasi nilai yaitu anak mau mendengarkan orang tua, tahapan transaksi nilai dimana orang tua mulai mengajak anak untuk mempraktekkan nilai-nilai agama dan tahap transinternalisasi nilai yaitu tahapan di mana anak sudah mau dan mampu mempraktekkan nilai-nilai agama yang diajarkan.


Keywords


Internalisasi Nilai; Nilai Agama; Pendidikan Agama Islam; Remaja; Lingkungan Keluarga

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adanan, A. B. S. (2021). Pendekatan Pendidikan: Keteladanan, Nasehat Dan Perhatian. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education 1(1).

Aprianto, I., dkk. (2022). Landasan Pendidikan. Boyolali: Lakeisha.

Arfah, K. S. S., & Aini, E. N. (2018). Konseling Islami Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Yang Orang Tuanya Bercerai Dengan Metode Targhib Wa Tarhib. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Arifuddin & Ilham, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan’Kontribusi Lembaga Infromasi Terhadap Pembinaan Karakter Anak. Iqro: Journal of Islam 3(1).

Daulay. Haidar Putra. (2019). Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Hidayat, dkk. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Gan Penannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8(2).

Khasanah, Wakhidatul, dkk. (2019). Peranan Remaja Masjid Ar-Rahman Dalam Pembentukan Karakter Remaja Yang Religius Desa Waekasar Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Kuttab 1(1).

Moeleong, Lexy. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muzakkir, dkk. (2022). Penerapan Metode Nasihat Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Ibadah Shalat Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Prumnas. Al-Asma: Journal of Islamic 4(2).

Muzayyanah, Ani. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di MTSn 1 Nganjuk. IAIN Kediri.

Nopriyadi, Ilham. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Religius Oleh Mahasiswa Prodi PAI UIN Fatmawati Sukarno Melalui Kegiatan Remaja Masjid Al-Amin Di Desa Lubuk Kumbung Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara Sumatera Selatan. Ghaitsa: Islamic Education Journal 3(3).

Pertiwi, Diah. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Keluarga Single Parent Pada Anak Usia Sekolah. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ristiana, Niken. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Pespektif Sosial Kemasyarakatan. Jurnal PAI 3(1).

Rusli. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Oleh Pembina Kepada Himpunan Anak Pecinta Islam (HAPIS) Di SMA Negeri 3 Teluk Keramat. Educational Journal: General and Spesific Research.

Samsuri, Suriadi. (2020). Hakikat Fitrah Manusia Dalam Islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 18(1).

Sanusi, Ahmad, dkk. (2021). Internalisasi Pendidikan Agama Bagi Remaja Melalui Majlis Ta’lim. Al-Fikri Jurnal Studi dan penelitian Pendidikan Islam 4(2).

Wahid, Abdul. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Di Sekolah: Perpektif Manajemen Pendidikan Islam. Journal of Educational Management Research.

Wirenviona, Rima. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Surabaya: Airlangga University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.21104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).