KEBIJAKAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN VIDEO PEMBELAJARAN DI MAN KOTA BINJAI

Juliani Juliani(1), Milfa Yetty(2), Candra Wijaya(3*), Ridho Bayu Syahrapi(4), Aljaiti Bilbina(5), Nazwa Raisha(6), Rama Maulana(7)

(1) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
(2) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
(5) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
(6) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
(7) Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan dalam peningkatan kecakapan mengajar guru dalam mengembangkan video pembelajaran di MAN Kota Binjai. Fokus penelitian ini mencakup kebijakan pengembangan video pembelajaran, kompetensi guru, serta hambatan dan upaya dalam meningkatkan kompetensi guru. Studi deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di MAN Kota Binjai pada tahun pelajaran 2025/2026, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan kesimpulan, serta memastikan kredibilitas data melalui standar keabsahan seperti credibility dan dependability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan peningkatan kompetensi guru mengarah pada pengintegrasian video pembelajaran buatan sendiri ke dalam kelas, serta mendorong guru untuk mengadaptasi pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Namun, partisipasi guru mata pelajaran agama dalam penggunaan video sebagai media pembelajaran masih terbatas. Hambatan utama termasuk kurangnya kompetensi dan literasi digital, serta minimnya pelatihan yang relevan. Upaya yang dilakukan meliputi pengadaan fasilitas dan pelatihan berbasis kebutuhan, seperti workshop penggunaan aplikasi desain video seperti Canva, Capcut, dan PowerPoint Video.


Keywords


Kebijakan; Kompetensi Guru; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albu, S. C. (2002). The teacher, a model for the transmission of moral values. In Values, models, education. Contemporary perspectives (pp. 264-270). Editura Eikon.

Amirudin, J. F., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Perumusan Masalah Kebijakan. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 25-43.

Arif, A., & Hakim, A. R. (2023). Literatur Review: Agenda Kebijakan setelah Permendikbudristek No 30 Tahun 2021. Journal Of Administrative And Social Science, 4(2), 235-240.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Jayanti, M. I., & Umar, U. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Program Yang Berdampak Pada Murid. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 117-127.

Kurnia, I. R., Barokah, A., Edora, E., & Syafitri, I. (2024). Analisis Empat Standar Kompetensi Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 65-74.

Safitri, U., Nuarizal, A., & Gistituati, N. (2021). Urgensi analisis kebijakan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 72-76.

Wardani, A. R., Setiawan, F., Rifki, M., Nafi’Dinulloh, N., Maulana, I. A., Zahro, N. A., ... & Khiyaroh, N. (2022). Konsep dasar analisis kebijakan pendidikan. Jurnal Education and development, 10(3), 88-93.

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.21034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.