PENGEMBANGAN MEDIA TARANA (TANGGA RAJA NUSANTARA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KERAJAAN DI NUSANTARA KELAS IV DI MI DIPONEGORO GURAH

Lina Dewi Aisyah(1), Choiru Umatin(2*), Erika Puspitasari(3)

(1) 
(2) UIN Syekh Wasil Kediri
(3) UIN Syekh Wasil Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar, materi harus disajikan dengan cara yang menarik. Jika disajikan dengan cara yang inventif, materi kerajaan Nusantara memiliki potensi besar untuk dipelajari dengan antusias. Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif bernama Media TARANA untuk materi Kerajaan di Nusantara kelas IV di MI Diponegoro Gurah, (2) menguji kekuatan media TARANA, dan (3) mengetahui seberapa efektif media ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Diponegoro Gurah menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi). Hasil utama menunjukkan bahwa media TARANA ini adalah pilihan yang sangat baik untuk digunakan. Hasil validasi para ahli menunjukkan angka persentase kelayakan yang fantastis: ahli media mencapai 98,4%, ahli materi I dan II masing-masing 84% dan 98%, serta respons positif dari pendidik terhadap media dan materi (86% dan 88%). Bahkan, ahli angket motivasi belajar memberikan skor 96%. Selain itu, respons dari peserta didik juga membuktikan kelayakan media ini dengan skor persentase yang sangat tinggi: 95,4% pada uji kelompok kecil dan 98,4% pada uji kelompok besar. Untuk keefektifan, hasil nilai pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kelompok kecil mencapai nilai 0,93 (kategori tinggi atau 93%) dan kelompok besar mencapai nilai 0,89 (kategori tinggi atau 89,2%). Angka-angka ini mengindikasikan bahwa Media TARANA terbukti sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Diponegoro Gurah.


Keywords


Pengembangan; Media TARANA; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti, S. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 593-600.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.20932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.