KONSEP DIRI GURU DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SAWAH 2 CIPUTAT

Mirna Herawati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan konsep diri Guru terhadap kinerja Guru di SD Negeri Sawah 2 Ciputat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah Guru di Sekolah Dasar Negeri Sawah 2 Ciputat dengan responden sebanyak 32 Guru. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner (angket). Dari hasil perhitungan nilai korelasi product moment sebesar r = 0,527 berada dalam skala yang sedang dan perhitungan koefisien determinasi yang hanya memberikan kontribusi konsep diri terhadap kinerja Guru hanya sebesar 27,80 %. Kemudian hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung > t tabel atau 2,461 > 1,695. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan konsep diri terhadap kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Sawah 2 Ciputat.
Kata kunci: konsep diri Guru, kinerja Guru


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).