PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU MAN SE-KABUPATEN ACEH TENGGARA

April Lidan(1*), Saiful Akhyar Lubis(2), Yusuf Hadijaya(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam rangka mewujudkan output pendidikan yang bermartabat, cakap dan terampil sebagaimana tercantum dalam tujuan pendidikan nasional maka dibutuhkan banyak persiapan dan dukungan, diantara persiapan dan dukungan itu beasal dari guru. Peran guru dalam menunjang pendidikan sangatlah penting bahkan dapat dikatakan sumber terpenting dalam pencapaian pendidikan yang berkualitas itu berasal dari guru yang berkualitas pula. Guru diharapkan memiliki keahlian dalam hal merancang program perencanaan pembelajaran, menjalanjan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran dengan baik dan sesuai standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan dari manajemen konflik terhadap kinerja guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara, 2) Pengaruh yang signifikan dari motivasi terhadap kinerja guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara dan 3) Pengaruh yang signifikan dari manajemen konflik dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori dan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara yang berjumlah 102 orang dan sampel penelitian berjumlah 35 orang. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori dan menggunakan pendekatan ex-postfacto. Instrumen menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis melalui analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari manajemen konflik terhadap kinerja guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi terhadap kinerja guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari manajemen konflik dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru MAN se-Kabupaten Aceh Tenggara.


Keywords


Kinerja Guru; Manajemen Konflik; Motivasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).

Asiah, T. (2017). Manajemen Konflik Teori dan Aplikasi. Riau: Pustaka Cendekia.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Budiman, S. (2019). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2).

Coser, L. A. (2012). Functns Soc Conflict Ils 110. United Kingdom: Routledge.

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal dan manajemen konflik terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Makmun, A. S. (2019). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masrum, M. (2021). Kinerja Guru Profesional. banjaran: CV. Eureka Media Aksara

Neliwati, N. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan: CV. Widya Puspita

Sudarmanto, E., Purnama Sari, D., & Tjahjana, D. (2021). Manajemen Konflik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suyono, H. (2011). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rorimpandey, W. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Ahlimedia Book.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.20658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).