IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK GUNA MELATIH KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 004 BUNGURAN TIMUR

Maulida Maulida(1*), Tessa Mayescha Ananda(2), Sadariah Sadariah(3)

(1) 
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna
(*) Corresponding Author

Abstract


Permainan tradisional engklek merupakan salah satu metode yang efektif dalam melatih keseimbangan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi permainan tradisional engklek sebagai media melatih keseimbangan motorik kasar pada anak usia dini di TK Negeri 004 Bunguran Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi berperan serta dan wawancara mendalam dengan guru dan anak-anak usia dini yang berpartisipasi dalam permainan engklek. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan dengan menggunakan metode triangulasi untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional engklek di TK Negeri 004 Bunguran Timur mendapatkan dukungan yang baik dari guru dan lingkungan sekolah. Guru berperan sebagai fasilitator dan panduan dalam bermain engklek, sedangkan lingkungan sekolah menyediakan fasilitas dan area bermain yang kondusif. Pelaksanaan permainan engklek memberikan dampak positif pada perkembangan fisik anak-anak, seperti peningkatan keseimbangan, kelenturan, ketangkasan, dan daya tahan fisik yaitu melatih kemampuan motorik kasar anak usia dini seperti membantu dalam pembentukan hubungan sosial yang positif, meningkatkan keterampilan sosial, dan membangun rasa kebersamaan di antara anak-anak.


Keywords


Permainan Tradisional; Engklek; Keseimbangan Motorik Kasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggrayni, R., Lenny, L., Risman, V., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek di TKIT Bunga Mufiidah. 09(January), 761–768.

Apriani, D. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/35822%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/download/35822/31862

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187

Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Darmawati, D., Subekti, B., & Sumarsono. (2019). Manajemen PAUD …( Dwita D, Bambang S, Sumarsono) 19. Performance, 1, 19–32.

Fakhriyani, D. V. (2016). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. 4(2).

Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami (Improving Children Fine Motor Ability through Origami Folding Activity). Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62.

Hasnawati. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Jurnal Pendidikan, Vol 2, No, 19–29. https://unanda.ac.id/ojs/index.php/andidjemma/article/view/223%0A

Heriyanti, N. S., Thamrin, M., & Yuniarni, D. (2014). Pemberian Motivasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mujahidin Ii Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5915

Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.34164

Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika, 20(2), 90–98.

Kinasih, A. D., Amalia, F., & Priyambadha, B. (2017). Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD (Studi Kasus di PAUD Seruni 05 Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(10), 1–8. http://j-ptiik.ub.ac.id

Pratiwi, K. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B. Journal.Upgris.Ac.Id, 18–39. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/513

Rohmat, R. (2017). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2), 299–325. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325

Sam, F. K., Pramono, P., & Astuti, W. (2021). Penerapan Permainan Engklek Fruit Sebagai Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.1-8

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(1), 52–70.

Suryana, D. (2013). Scanned by CamScanner ??????. A Psicanalise Dos Contos de Fadas. Tradução Arlene Caetano, 466.

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). upaya meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia dini melalui permainan tradisional engklek. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).