PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA MATERI PAI DI SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN

Muhammad Nizan(1*), Ali Imran Sinaga(2), Salminawati Salminawati(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajaran PAI yang digunakan secara daring. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis teoritis yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan informan dalam penelitian ini meliputi: Guru mata pelajaran PAI dan peserta didik. Pembelajaran yang telah dilaksanakan tergolong baik. Meskipun dalam tahapan pelaksanaannya terjadi beberapa kendala. Hal tersebut wajar dan tidak begitu berarti dikarenakan proses penyesuaian dengan pembelajaran yang baru. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh guna menjadikan pembelajaran PAI menggunakan aplikasi Microsoft Teamsberjalan lebih baik lagi. Saran penulis untuk guru mapel PAI dan peserta didik SMA Swasta Budi Agung Medan kelas XI selalu meningkatkan kualitas serta memahami perkembangan ilmu dan teknologi dan selalu semangat dalam menjalani proses pembelajaran secara daring ini agar terciptanya pendidikan yang hebat.

 


Keywords


Microsoft Teams; Pembelajaran Daring; PAI

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R. (2019). Pengaruh Perilaku Individu, Kelompok Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Medan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/11863/

Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.

Diana, R., & Nana. (2020). Implementasi Model Poe2we Dalam Lks Materi Elastisitas Bahan Dengan Menggunakan Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika.

Dwianti, I. N., Rekha, R. ulianti dan, & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power point dalam pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas Kebugaran jasmani siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335922

Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom Dan Zoom Meeting). Online Jurnal of Cendekia, 12(2), 161–178.

Kristiyani, E., & Budiningsih, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran ELearning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 57–69. Retrieved from https://www.academia.edu/download/%0A61564363/06_PENGARUH_STRAT%0AEGI_PEMBELAJARAN_ELEARNING_Eva20191219-35423-%0Apzhqq3.pdf

Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis kualitatif penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran kolaboratif daring. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 415–420.

Prawiradilaga, D.S, D. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana.

Situmorang, A. S. (2020). Microsoft teams for education sebagai media pembelajaran interaktif meningkatkan minat belajar. Sepren, 2(1), 30–35.

Sun’iyah, S. L. (2020). Media pembelajaran daring berorientasi evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI di tingkat pendidikan dasar. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18.

Usodo, B., Sutopo, S., Chrisnawati, H. E., Kurniawati, I., & Kuswardi, Y. (2016). Pelatihan penerapan beberapa aplikasi dari microsoft: office mix, onenote, sway dalam pembelajaran bagi guru-guru matematika sma di kabupaten sragen. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(9), 743–752.

Widodo. (2020). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh : Jenjang SMP dalam Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).